Kami datang untuk memantau perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan yang telah dilaksanakan di desa penyangga KEK Mandalika
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans ) RI melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka mengevaluasi program perluasan kesempatan kerja di desa penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Kami datang untuk memantau perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan yang telah dilaksanakan di desa penyangga KEK Mandalika," kata Staf Khusus Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Caswiyuno Rusdy Cakrawangsa di Praya, Rabu.

Baca juga: Kemenakertrans paparkan capaian Employment Working Group (EWG) G20

Beberapa program yang telah dilaksanakan di 9 desa penyangga di KEK Mandalika, seperti pelatihan, padat karya dan bantuan modal mandiri. Program tersebut merupakan dukungan kementerian untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Program ini merupakan kolaborasi lintas sektor secara gotong royong mendukung pengembangan KEK Mandalika," katanya.

Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah mengatakan rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari perluasan kesempatan kerja di 9 desa penyangga KEK Mandalika dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.

Baca juga: Pemprov minta Kemenakertrans berikan pelatihan petani nelayan Sulsel

"Program itu dilaksanakan di 9 desa penyangga kawasan KEK Mandalika, yakni  Desa Kuta, Prabu, Tumpak, Pengembur, Sengkol, Rambitan, Sukadana, Pengendara dan Truai atau desa di lingkar Mandalika.

Menurut dia, program yang dilaksanakan cukup banyak dan itu langsung intervensi pemerintah pusat,

Oleh karena itu, ia berharap, pada masyarakat untuk bisa mendukung program yang dilaksanakan dan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Lombok Tengah.

"Peningkatan SDM menjadi prioritas dalam program yang dilaksanakan," katanya.

Baca juga: Noriyu akui ikut pembahasan dana optimalisasi Kemenakertrans

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023