Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memperluas proyek percontohan Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan di 15 lokasi untuk mendorong peningkatan penyerapan tenaga kerja melalui tenaga kerja mandiri (TKM).

Dalam acara Rembuk Nasional Kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan 2022 di Jakarta, Jumat, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan proyek percontohan Pengembangan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan bagian dari lompatan yang dilakukan Kemnaker yaitu transformasi program perluasan kesempatan kerja.

"Program transformasi melalui pelaksanaan Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan ini adalah program baru. Program ini adalah program yang mengharuskan sinergitas, mutlak sinergitas kolaborasi," kata dia.

Karena itu, Kemnaker kemudian menjalin kolaborasi dengan IPB University dan berbagai pemerintah daerah untuk mendorong pelaksanaannya.

Pada 2021, proyek percontohan telah dilakukan di lima kawasan, sedangkan tahun ini telah dilakukan penambahan 15 kawasan.

"Kegiatan ini memiliki manfaat yang sangat baik sebagai salah satu upaya dalam pembangunan ketenagakerjaan dan menciptakan alternatif peluang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan di masing-masing kawasan," ujar Ida.

Baca juga: Kemnaker dorong dialog bipartit dan tripatit untuk hindari PHK

Dia berharap, kolaborasi dalam program tersebut, yang membangun ekosistem dari hulu ke hilir, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang berada di sekitar kawasan yang sudah ditentukan.

Adapun 15 kawasan yang telah dipilih untuk menjadi proyek percontohan Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan untuk 2022 meliputi Ekosistem Perkebunan Kopi Gayo di Kabupaten Bener Meriah, Ekowisata Sungai Bahbolon di Kabupaten Serdang Bedagai, Komunitas Masyakarat Adat Kasepuhan di Kabupaten Lebak, Pusat Produksi Buah-Buahan di Kota Pangkal Pinang dan Kawasan Industri Garmen Rakyat dan Pengolahan Sampah di Ambarawa di Kabupaten Pringsewu Lampung.

Lokasi lain adalah Kawasan Kuliner Rumah Tangga Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, Pengembangan Pertanian Terintegrasi Baung Bango di Kabupaten Katingan, Pulau Sebatik di Kabupaten Nunukan, Agroforestri Waru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Agrowisata di Kabupaten Gianyar, Kawasan Wisata Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, serta Kawasan Sekitar Industri Smelter Nikel di Kabupaten Morowali Utara.

Kemnaker juga membantu pengembangan TKM di Kawasan Wisata Likupang di Kabupaten Minahasa Utara, Kawasan Sekitar Pertambangan PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika dan Kawasan Orang Asli Papua Merdey dan Masyarakat Lokal Menimery di Kabupaten Teluk Bintuni.

Baca juga: Kemnaker gencarkan penyelenggaraan bursa kerja pada 2023
Baca juga: Menaker: Penduduk usia kerja terdampak pandemi turun signifikan

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022