Jakarta (ANTARA) - Platform niaga daring Shopee resmi menggelar program Gerakan Ekspor UMKM Shopee di sepuluh kota Indonesia yang menandai dimulainya peluang kolaborasi penguatan usaha mikro, kecil dan menengah melalui pemanfaatan fasilitas Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.

"Hari ini kita bersama-sama memulai Gerakan Ekspor UMKM Shopee serentak sepuluh kota dengan memberikan pelatihan ekspor bagi 1.000 UMKM secara berbarengan di sepuluh kota di mana kampus kita berada," kata Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Pelatihan Gerakan Ekspor UMKM Shopee digelar secara serentak dan diikuti oleh 1.000 pelaku UMKM di Solo, Bandung, Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Malang, Makassar, dan Denpasar.

Kegiatan tersebut menjadi kelanjutan program penguatan UMKM oleh Shopee menyusul pembangunan fasilitas Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di sepuluh kota tersebut sejak 2021. Pelatihan dan program Gerakan Ekspor UMKM Shopee diharapkan dapat membuka akses pasar ekspor bagi produk UMKM lokal.

"Jadi, seluruh peserta hari ini mendapatkan pembekalan ilmu bagaimana mereka bisa membuka dan mengoptimalkan toko mereka yang telah bergabung dengan Program Ekspor Shopee," ujar Handhika.

Baca juga: Shopee hadirkan fitur "cek fakta" bantu pengguna ketahui info tepat

Saat ini lebih dari 20 juta produk lokal telah tergabung dalam Program Ekspor Shopee dan menjangkau para pembeli dari Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.

Shopee juga mengumumkan sejumlah program baru yang dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM lokal untuk mempermudah akses penjualan produk ke pasar global, diantaranya kolaborasi penguatan UMKM ekspor, Bimbel Shopee Ekspor, dan Kanal Shopee Pilih Lokal.

Kolaborasi penguatan UMKM ekspor mengundang pihak lain untuk turut memanfaatkan fasilitas Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di sepuluh kota agar pihak-pihak yang memiliki program penguatan untuk UMKM juga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

Bimbel Shopee Ekspor adalah program baru berupa pendampingan intensif lanjutan bagi UMKM terpilih yang telah mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor. Pelaku UMKM akan diberikan pendampingan secara daring untuk mempersiapkan toko mereka agar bisa mengikuti Program Ekspor Shopee dengan lebih mudah.

Kanal Shopee Pilih Lokal yang telah hadir di laman muka aplikasi Shopee pada tahun 2022 lalu, kini dapat dimanfaatkan sebagai media pendaftaran untuk mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor, serta Program Ekspor Shopee.

Baca juga: Raffi Ahmad pecahkan rekor omzet hingga Rp7 miliar di Shopee Live

Baca juga: Kemen PPPA ungkap literasi digital penting bagi perempuan pelaku UMKM

Baca juga: UMKM didorong manfaatkan teknologi dan inovasi di era ekonomi digital

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023