Solo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota(Polresta) Surakarta telah menyiapkan ratusan personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan(Dishub) Kota Surakarta melakukan pengamanan untuk mengantisipasi kerusuhan dalam kegiatan konser musik Dewa 19 All Stars yang bakal digelar, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada  29 Juli 2023 mendatang.

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol. Iwan Saktiadi di Solo, Rabu, mengatakan, sebanyak 700 personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub telah disiapkan untuk event konser artis papan atas kelompok musik Dewa 19.

Kapolresta menjelaskan pelaksanaan kegiatan pengamanan event besar di Solo, bukan pertama kali dilakukan. Bahkan, aparat pengamanan sebelumnya baru saja selesai melaksanakan pengamanan Hari Lahir (Harlah) Ke-25 PKB dengan lokasi yang sama di Stadion Manahan Solo.

Oleh karena itu, Polresta Surakarta untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penonton tersebut, pihaknya menyiapkan personel gabungan dari TNI Polri, Satpol PP dan Dishub sebanyak 700 Personil.

Polresta Surakarta untuk menambahkan personel pengamanan event musik tersebut bersifat dinamis, karena dapat diketahui bersama setiap malam minggu Kota Surakarta selalu ada event yang memerlukan kehadiran personel pengamanan sehingga pengerahan aparat pengamanan disesuaikan dengan dinamika di lapangan.

Kendati demikian, pihaknya hingga sampai saat ini, telah menyiapkan 700 personel memberikan pengamanan pada pelaksanaan kegiatan konser Dewa 19 All Stars.

"Untuk jumlah penonton seperti yang disampaikan kepada kepolisian saat technical meeting sebelumnya dengan target sebanyak 30.000 penonton," katanya.

Kapolresta menekankan pihaknya dalam pengerahan kekuatan personel untuk pengamanan tersebut melihat dari jenis kegiatan yang diamankan. Prediksi-prediksi dari intelijen potensi kerawanan, gangguan atau bahkan mungkin hal-hal lain yang bisa menimbulkan gangguan Kamtibmas.

"Sehingga, hal itu akan diimbangi dengan pengerahan personil pengamanan," katanya. 
Baca juga: Ahmad Dhani janji sajikan konser terbesar di Solo
Baca juga: Polresta Surakarta siapkan ratusan personel amankan Liga 1

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023