Jakarta (ANTARA) -
Cincin berbentuk mahkota emas buatan rapper Tupac Shakur, yang dia kenakan sesaat sebelum dia meninggal, terjual hampir 1,02 juta dollar AS atau sekitar Rp15,3 miliar pada Selasa (25/7) waktu setempat.
 
Menurut siaran pers dari rumah lelang yang disiarkan Insider, Rabu, Sotheby's di New York menjual cincin itu sebagai bagian dari penjualan besar artefak hip-hop, termasuk surat bertanda tangan dari Shakur dan demo tape untuk singelnya "Trapped".
 
Pelelangan ini juga untuk merayakan hari jadi 50 tahun Musik Hip Hop. Sebelum dilelang, cincin itu diperkirakan terjual antara 200.000-300.000 dollar AS.

Baca juga: Polisi geledah sebuah rumah terkait kasus pembunuhan Tupac Shakur
 
Cincin emas 14 karat itu bertatahkan berlian dan rubi, menampilkan tulisan di sisinya yang bertuliskan "Pac & Dada 1996" yang merujuk pada pertunangannya dengan aktris Kidada Jones.
 
Cincin tersebut khusus dirancang oleh Tupac dan dirakit oleh toko perhiasan di New York City setelah berbulan-bulan di balik jeruji besi dan kontraknya yang baru ditandatangani dengan Death Row Records, demikian kata Yaasmyn Fula, ibu baptis Tupac.

Baca juga: Tupac Shakur dapat penghargaan Hollywood Walk of Fame
 
Cincin itu juga muncul di jarinya pada 4 September 1996 di acara MTV Video Music Awards yang merupakan penampilan publik terakhirnya sebelum pembunuhan tragisnya tiga hari kemudian di Las Vegas.
 
Departemen Kepolisian Metropolitan Las Vegas baru-baru ini mengeluarkan surat perintah penggeledahan di rumah Duane Keith Davis saat menyelidiki pembunuhan Shakur yang masih belum terpecahkan.
 
Menurut CBS News, polisi mengumpulkan komputer desktop dan laptop, salinan buku "Compton Street Legends", salinan edisi majalah Vibe tentang Tupac, foto, dan dokumen lainnya.

Baca juga: Johnny Depp buru pembunuh Tupac dan B.I.G dalam "Labyrinth"

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023