Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan ajang RRQ MABAR High School Competitions yang memberikan panggung bagi pelajar tingkat sekolah menengah untuk mengembangkan diri di industri kreatif.

Saat kegiatan The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Senin (24/7), Sandiaga mengatakan akan memberikan hadiah tiket ke Singapura bagi para pemenang, termasuk pelajar dan guru, agar mereka bisa mempelajari industri kreatif di negeri tetangga. 

“Semoga ilmu dan pengalaman yang didapatkan bisa menginspirasi untuk mengembangkan diri di bidang industri kreatif di Indonesia. Harapannya tim RRQ dapat terus konsisten untuk mendukung anak-anak berkarya,” kata Sandiaga dalam siaran resmi yang diterima Rabu.

Selain e-sport sebagai kompetisi utama, RRQ MABAR mulai memperluas kategori kompetisinya, mulai dari kompetisi kreator konten dan cerdas cermat yang dikemas seperti pertunjukan kuis populer.

Baca juga: Menparekraf ingin ITIF di Bali tingkatkan investasi pariwisata hijau

Hadirnya RRQ MABAR High School Competitions dilatarbelakangi oleh hasil sejumlah survei yang dilakukan oleh tim e-sport RRQ. Menurut hasil survei itu terdapat lebih dari 50 persen anak muda generasi Z yang bermain gim di Indonesia. Sementara secara problematika sehari-hari masih ditemukan adanya perlawanan terhadap hobi main gim.

“Tapi di sisi lain ketika kami akhirnya mendalami lebih lanjut dan melakukan riset dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, ternyata bermain gim ketika dijadikan kompetisi itu justru bisa membantu anak muda untuk mengembangkan daya juang, itu salah satu hasil riset utamanya," ujar Direktur RRQ MABAR Aziz Hasibuan.

"Itulah yang membuat kami mengadakan kompetisi RRQ MABAR dan kami kembangkan ke area kreatif lain yaitu di content creator dan juga adu pengetahuan selain e-sport sebagai yang utama,” tambah Aziz.

Baca juga: Menparekraf:Piala Presiden bisa dorong pertumbuhan talenta esports Pemenang RRQ MABAR School Ambassador dari SMAN 81 Jakarta Aiko Valerina Daniel mengaku tidak menyangka keikutsertaannya dalam kompetisi tersebut bisa memberikan banyak pengalaman berharga.

“Banyak sekali wawasan dan kesempatan baru yang saya tidak dapatkan sebelumnya termasuk juga bisa ditonton oleh jutaan views. Saya juga enggak sabar untuk bisa belajar dan jalan-jalan ke Singapura besok. Semoga bisa membuat saya semakin paham apa yang ingin saya fokuskan kalau ingin menjadi kreator konten,” kata Aiko. 

Baca juga: Bigetron Alpha lolos seleknas wakili Indonesia di IESF 2023 Rumania

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023