Jayapura (ANTARA) - Komandan Komando Resor Militer 172/Praja Wira Yakthi (Danrem 172/PWY) Brigjen TNI Dedi Hardono mengakui, saat ini ada ada dua batalyon yang dikerahkan untuk mengamankan perbatasan RI-Papua Nugini(PNG) di bagian utara Tanah Papua.

Dua batalyon yang dikerahkan untuk mengamankan utara Papua yaitu Yonif 122/Tombak Sakti (TS) dan Yonif 310/Kidang Kancana (KK).

Kedua batalyon itu menggantikan keberadaan Satgas Yonif 132/BS dan Yonif 143/TWEJ yang sudah selesai bertugas, kata Brigjen TNI Dedi Hardono seusai memimpin upacara penerimaan Satgas Pamtas RI-PNG di lapangan Rindam XVII Cenderawasih di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu.

Dikatakan, kedua batalyon itu yang bertugas menggantikan Yonif 132/BS dan Yonif 143/TWEJ berjumlah 900 prajurit akan disebarkan di dua kabupaten dan kota yang berbatasan dengan PNG.

Wilayah Korem 172/PWY yang berbatasan dengan PNG yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Keerom di Provinsi Papua dan Kabupaten Pegunungan Bintang di Papua Pegunungan, kata Brigjen TNI Dedi.

Sebelumnya Pangdam XVII Cenderawasih dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 172/PWY Brigjen TNI Deni Hardono mengakui, wilayah perbatasan dengan PNG masih sering terjadi gangguan keamanan dan ketertiban yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, serta kerusakan sarana dan prasarana infrastruktur lainnya.

Insiden tersebut tentunya memprihatinkan karena berdampak negatif terhadap stabilitas keamanan nasional khususnya di Papua dan untuk menyikapinya diharapkan Satgas Pamtas dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

Jalin komunikasi dengan baik terhadap semua elemen masyarakat baik itu tokoh agama, tokoh adat dan lainnya yang berada di sekitar wilayah tugas.

"Tingkatkan komunikasi sosial (komsos) dan pembinaan teritorial serta laksanakan tugas sebaik-baiknya dengan selalu waspada, " harap Pangdam XVII Cenderawasih.

Wilayah 172/PWY meliputi Kota dan Kabupaten Jayapura, Keerom, Mamberamo Raya dan Sarmi di wilayah Papua, serta Kabupaten Mamberamo Tengah, Jayawijaya, Lanny Jaya, Tolikara, Yalimo, Nduga, Pegunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo di Provinsi Papua Pegunungan.

Adapun wilayah yang berbatasan dengan Papua Nugini yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Pegunungan Bintang.
Baca juga: Danrem 172/PWY tinjau lokasi TMMD ke 117 di Sarmi
Baca juga: Danrem 172/PWY silaturahim dengan tokoh agama dan Kesusteran Oksibil
Baca juga: Danrem 172/PWY: TNI-Polri siap amankan Oksibil

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023