Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan proyek strategis nasional (PSN) telah menjadi penggerak ekonomi (economic driver) bagi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,03 persen (yoy) pada kuartal pertama 2023 termasuk tinggi di antara negara G20.

"Optimisme juga dari sektor industri yang berada di level ekspansif, yang tergambar dari angka PMI manufaktur Indonesia sebesar 52,7 persen. Kondisi ini menjadi bekal terkait upaya pemerintah melakukan transformasi ekonomi," katanya dalam acara Conference on National Strategic Projects (PSN), dikutip dari keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dalam pembangunan PSN tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian berperan mengoordinasikan kementerian/lembaga dan mengawal pembangunan PSN agar berjalan sesuai target.

Selama delapan tahun terakhir, sebanyak 158 PSN telah beroperasi dengan nilai investasi Rp1.107,2 triliun dan menjadi penopang utama transformasi ekonomi.

Menko Airlangga mengatakan proyek-proyek yang tergabung dalam PSN, termasuk kawasan ekonomi khusus (KEK), merupakan salah satu upaya transformasi ekonomi.

Ia melanjutkan sebagai economic driver bagi Indonesia, PSN perlu didukung oleh kualitas SDM yang berdaya saing.

Adanya infrastruktur yang dibangun melalui PSN juga menjadi penting bagi Indonesia untuk bisa lepas dari jebakan negara berpenghasilan menengah.

"Tidak semua negara lulus dari middle income trap. Kuncinya adalah infrastruktur, baik darat, udara, dan laut," sebutnya.

Menko Airlangga juga menjelaskan selain mendukung upaya pembangunan kawasan, pemerintah mendorong pembangunan kualitas SDM warga yang ada sekitarnya dan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) diprioritaskan ke wilayah di sekitar lokasi kegiatan ekonomi berada.

Airlangga menambahkan Indonesia memiliki biaya energi yang murah dan membuktikan bahwa infrastruktur dibangun secara efisien dan berdaya saing.

"Pemerintah juga mendorong reformasi industri 4.0 berbasis digital, yang didukung dengan pembangunan infrastruktur," ujarnya.

Mengenai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Airlangga mengatakan sebagai salah bagian dari PSN, pembangunan IKN dapat mendorong diversifikasi ekonomi menjadi representasi kemajuan bangsa.

Menko Airlangga juga menyampaikan terkait pertemuan Indonesia dalam Global Crisis Response Group (GCRG) beberapa waktu lalu.

Menurut dia, Indonesia menjadi juara dalam GCRG karena dinilai mampu menangani tantangan-tantangan yang tengah dialami dunia, salah satunya terkait pangan karena dalam PSN juga terdapat pembangunan lumbung pangan.

Selain itu, Menko Airlangga juga menyampaikan Indonesia saat ini sedang mengajukan diri untuk menjadi anggota OECD.

Selain didukung berbagai negara, upaya masuk ke OECD menjadi peta jalan penting menuju Indonesia Maju.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Menteri PUPR, Wakil Gubernur Jawa Timur, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, dan jajaran kementerian/lembaga terkait.

Baca juga: Hingga Juli 2023, Kementerian PUPR rampungkan 87 PSN
Baca juga: Pengembangan ekonomi Kawasan Rebana melalui PSN


Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023