Tangerang (ANTARA) - Pembukaan dan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XX tingkat Provinsi Banten yang digelar di Alun-alun, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang berlangsung meriah.

Pembukaan yang dilaksanakan pada Rabu (26/07) malam itu menampilkan berbagai karya seni, karnaval pakaian etnik, parade rebana, penampilan artis Gita KDI hingga pertunjukan kembang api.

Kemudian, selain menampilkan karya khas seni lokal selama pembukaan event itu juga dilaksanakan parade peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an yang mewakili masing-masing daerah kabupaten/kota di Banten Musabaqah Tilawatil Qur'an.

Tidak hanya itu, permainan lampu warna-warni yang beragam dari atas panggung mimbar tilawah menambah kesan megah dan menari pada pembukaan MTQ tersebut.

Baca juga: Tiga penghargaan disabet Kota Tangerang pada MTQ XVII Banten

Terlebih saat tampil tim atau peserta Kabupaten Tangerang, sejumlah warga yang menyaksikan langsung dalam parade itu bersorak ria bentuk dukungannya.

Pembukaan MTQ ke -XX itu ditandai dengan pemukulan beduk oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar diikuti Bupati Tangerang A Zaki Iskandar dan para Kepala Daerah dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten secara serentak.

Ketua Panitia MTQ ke-XX Provinsi Banten, Virgojanti dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi di tahun ini akan dilaksanakan pada 25-30 Juli 2023.

Adapun dalam pelaksanaan MTQ itu di ikuti sebanyak 431 peserta dari empat Kabupaten dan empat Kota di Provinsi Banten.

Baca juga: MTQ XII Banten digelar dengan protokol kesehatan ketat, sebut LPTQ

Sejumlah rangkaian perhelatan MTQ Ke-XX ini, pihaknya telah menyiapkan 12 arena. Adapun arena-arena tersebut diantaranya seperti Arena 1 (Arena Utama) sebagai khusus pelaksanaan lomba Tilawah Dewasa dan Qiroat Sab'ah yang berlokasi di Alun-alun Tigaraksa.

Kemudian, arena 2 yaitu untuk Tilawah Murotal dan Canet dengan lokasi di Masjid Nurul Ulum di Jalan Rajawali PWS Margasari RT.02/02. Arena 3 untuk perlombaan Tilawah Anak-anak dan Remaja, lokasi pelaksanaan dibMasjid Agung Al Amjad Tigaraksa. Arena 4 Tilawah Sab'ah dan Murottal Remaja dan Dewasa, lokasi di Masjid Al Muhajirin Desa Margasari RW.03 Tigaraksa.

Selanjutnya, yaitu Arena 5 yang dikhususkan untuk MHQ 1 dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah di lokasikan di Masjid An-Nur Desa Margasari RT.02/04, Tigaraksa. Arena 6, MHQ 10 Juz dan 20 Juz, lokasi di Masjid Al-Huda Katomas Kelurahan Tigaraksa. Arena 7, MHQ 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab dengan lokasi di Masjid Agung Al Amjad Tigaraksa Lantai 2. Arena 8 Tafsir Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab, lokasi di Gedung MUI Kabupaten Tangerang.

Untuk Arena 9 yaitu pelaksanaan MSQ dengan lokasi pelaksanaan di GOR Pemda Kabupaten Tangerang. Arena 10 MFQ, lokasi di GSG Kecamatan Tigaraksa, Arena 11 MKQ (Khotil Qur'an), lokasi di MAN 1 Tangerang Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa dan Arena 12 MMQ, lokasi di Untara Perum Sudirman Indah Tigaraksa.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023