Jakarta (ANTARA) - Menurut laporan kuartal Meta, Facebook memiliki jumlah pengguna aktif bulanan sebanyak 3,88 milyar akun yang menunjukkan media sosial tersebut masih ramai digunakan meskipun popularitasnya di kalangan generasi muda menurun.

Perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu juga mencatat peningkatan jumlah pengguna aktif harian Facebook. Pada kuartal ini tercatat ada 2,046 milyar pengguna aktif harian di mana pada kuartal sebelumnya jumlah pengguna berada di angka 2,037 milyar akun.

Pertumbuhan itu memulihkan performa Facebook yang dilaporkan mengalami penurunan pengguna aktif harian pada kuartal terakhir tahun 2021.

Peningkatan tersebut didorong oleh kemunculan Reels, fitur media video serupa dengan TikTok yang dihadirkan oleh Meta di Instagram dan Facebook. Menurut Mark Zuckerberg, Reels mendapatkan 200 miliar kali pemutaran video per hari di Facebook dan Instagram.

"Kami melihat pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan yang lebih penting, kami melihat lebih banyak orang kembali setiap hari daripada yang saya harapkan,” ujar Mark dikutip dari Tech Crunch pada Rabu (26/7) waktu setempat.

Pada Minggu lalu Mark mengumumkan performa membaik dari media sosial baru besutan Meta, Threads yang sebelumnya mengalami penurunan pengguna aktif. Dia mengatakan sebanyak 10 juta orang per hari kembali menggunakan platform tandingan Twitter itu.

Baca juga: Australia mendenda Meta pemilik Facebook karena pengumpulan data

Baca juga: Instagram rilis fitur Subscribe di sejumlah negara

Baca juga: Meta tawarkan langganan centang biru mulai Rp100.000

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023