Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia mendorong penggunaan motor listrik di dalam kawasan kampus sebagai transportasi ramah lingkungan bagi sivitas akademika UI.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Aset UI Dedi Priadi di Depok, Kamis, mengatakan sebagai kampus hijau, UI terus berupaya menjaga keberlangsungan lingkungan hidup melalui berbagai program, salah satunya pemanfaatan kendaraan listrik.

"Penggunaan kendaraan listrik di kampus memiliki sejumlah manfaat, antara lain pengurangan emisi gas rumah kaca, kualitas udara lebih baik, dan hemat energi," katanya.

Untuk mengembangkan penggunaan kendaraan listrik di area kampus, UI memiliki beberapa langkah, antara lain menyediakan fasilitas pengisian daya yang cukup di kampus, melakukan penelitian dan pengembangan teknologi kendaraan listrik, serta mengampanyekan program edukasi tentang manfaat kendaraan listrik dan konservasi energi.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, ia berharap, menciptakan kampus yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, serta memberikan kontribusi positif dalam mengatasi perubahan iklim.

Untuk mendukung penggunaan motor listrik, UI melakukan kerja sama dengan PT Grab Teknologi Indonesia dalam hal penyediaan transportasi ramah lingkungan bagi sivitas akademika UI.

Baca juga: Penjualan kendaraan listrik secara online di Indonesia terus melonjak

Penandatanganan kerja sama oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Aset UI Dedi Priadi dan Director of Strategic Partnership Grab Indonesia Kertapradana.

Sebagai implementasi kerja sama tersebut, UI menerima 22 motor listrik GrabElectric Viar tipe New Q1 yang dipinjamkan oleh Grab Indonesia selama satu tahun.

Saat ini, UI telah menerima 15 unit dan tujuh unit lainnya akan diterima secara bertahap. Motor listrik tersebut untuk membantu mobilisasi para pegawai dan dosen di lingkungan Kampus UI Depok.

Selain meminjamkan unit motor listrik, Grab Indonesia juga membangun selter motor listrik di depan Perpustakaan Pusat UI. Pembangunan selter untuk menyediakan akses transportasi publik yang lebih baik dan nyaman bagi warga UI maupun masyarakat umum yang tengah di kawasan Kampus UI Depok.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengharapkan selter modern dan efisien meningkatkan mobilitas sivitas akademika dan seluruh warga UI, mengurangi kemacetan, serta berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan.

Baca juga: Kementerian ESDM gelar pelatihan teknis konversi motor listrik di Surabaya
Baca juga: Kemenperin gandeng JICA majukan ekosistem industri motor listrik

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023