Dari 25 video yang didaftarkan oleh para petugas haji, terpilih enam pemenang dari dua kategori yang dilombakan. Video yang dikirimkan yakni merekam kinerja para petugas haji dalam melayani jamaah
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan para pemenang lomba video inovasi layanan haji ramah lanjut usia (lansia), bersamaan dengan berakhirnya operasional penyelenggaraan haji daerah kerja (Daker) Mekkah 2023.

"Terima kasih dan apresiasi atas dedikasi petugas. Produk videonya bagus-bagus, meski proses produksinya banyak yang hanya menggunakan kamera ponsel," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan di Jakarta, Kamis

Dari 25 video yang didaftarkan oleh para petugas haji, terpilih enam pemenang dari dua kategori yang dilombakan. Video yang dikirimkan yakni merekam kinerja para petugas haji dalam melayani jamaah.

Menag mengatakan apa yang direkam para petugas Daker dan Sektor merupakan gambaran nyata dari kerja petugas dalam melayani jamaah haji Indonesia, termasuk para lansia.

Beberapa bulan lalu, kata dia, apa yang petugas haji kerjakan sekarang, hanyalah sebuah gagasan. Saat itu, mereka hanya membayangkan bagaimana jamaah lansia bisa segera beribadah haji.

"Kami memulai semua ini dengan modal mimpi, harapan, dan niat mulia. Mimpi dan niat mulia agar kami tidak sekedar bermanfaat untuk diri sendiri saja, tapi juga bagaimana kita semua bisa membantu orang lain. Kami bahkan tidak pernah membayangkan bisa sampai sebermakna ini," kata Menag.

Baca juga: Tunjukkan perhatian lebih, Layanan Haji siapkan stiker peduli lansia

Baca juga: Haji ramah lansia, Kemenag dan UI susun SOP layanan calon haji lansia


Menag mengaku bangga dan bahagia melihat kinerja petugas haji yang telah memberikan manfaat ke ratusan ribu peserta haji, utamanya jamaah haji lansia.

Menurut dia, apresiasi yang diberikan kepada para petugas haji, tidak akan tercipta jika bukan karena kerja keras dan gotong-royong dalam melayani jamaah.

"Saya sangat mengapresiasi inisiatif para petugas membuat inovasi layanan kepada jamaah, seperti membuat bubur, jus. Kinerja petugas sangat luar biasa. Menggendong, memapah, menyuapi, membersihkan kotoran, nyebokin. Masya Allah sangat terharu. Insya Allah semua amal baik dicatat Allah," kata dia.

Adapun para pemenang lomba yakni untuk kategori Daker, juara I Kantor Urusan Haji (KUH) dengan judul video "Inovasi Haji Ramah Lansia". Juara II Daker Mekkah dengan judul "Harmoni dalam Safari (Safari Wukuf Lansia)". Juara III Daker Madinah dengan judul "Haji Ramah Lansia".

Sementara kategori sektor, juara I Sektor 2 Daker Makkah dengan judul video "Jamaahku Keluargaku". Juara II Sektor 3 Daker Mekkah dengan judul "Lansia yang Utama". Juara III Sektor 8 Daker Mekkah dengan judul "Layanan Juz Apel dan Visduk Lansia".

Seluruh video bisa diunduh melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama.

Baca juga: Petugas layanan lansia siap sajikan bubur bagi jamaah haji di Madinah

Baca juga: Video manasik haji disiapkan Kemenag di setiap pesawat- hotel jamaah

Baca juga: Pengadaan pemondokan haji kini direkam audio video

Baca juga: Menag kagum atas karya foto pelaksanaan ibadah haji saat pandemi


 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023