Singapura (ANTARA/PRNewswire) -- Potain, unit usaha Manitowoc, baru saja melansir flat-top tower crane MCT 1105 demi memenuhi kebutuhan segmen gedung vertikal, konservasi air, dan transportasi di sektor konstruksi. Dilengkapi jib 80 meter, MCT 1105 memiliki kapasitas maksimum hingga 50 ton dengan radius 21,8 meter. Ketika dilengkapi trolley 25 DVFC 25 dari Potain, MCT 1105 dapat mengangkat beban 50 ton secara horizontal dengan kecepatan 33 meter per menit. MCT 1105 juga memiliki 13 jib yang dapat diatur panjangnya sehingga dapat menangani hampir setiap pekerjaan mengerek atau memindahkan barang di lokasi konstruksi.

Sejak berdiri pada 1928 di La Clayette, Perancis, Potain tetap berkomitmen pada desain dan produksi tower crane. Produk crane buatan Potain dapat ditemukan di lokasi konstruksi di seluruh dunia, mulai dari viaduk le Viaduc de Millau di Perancis hingga Jembatan Golden Gate di San Francisco dan Jembatan Bay di Amerika Serikat, hingga Bendungan Tiga Ngarai di China.

Pada 1928, Potain dirintis dengan memproduksi unit yang lebih kecil, termasuk crane pertamanya yang dilengkapi roda dan dapat berputar. Pada 1932, Potain melansir crane RECORD yang perdana. Pada 1951, Potain meluncurkan top-slewing crane, R6, dilengkapi tiang teleskopik, distributor, dan alat kendali jarak jauh. Pada 1955, Potain melansir crane 404 dengan bilik teleskopik, desain inovatif yang membuat pekerjaan konstruksi gedung vertikal menjadi lebih mudah dan reliabel. Sejak itu, ahli rekayasa Potain telah mengembangkan telescopic crane dan gantry crane yang dapat dirakit dengan cepat. Pada 1968, peluncuran crane 982 bahkan memecahkan rekor dunia setelah mampu mengerek benda tiga ton hingga setinggi 65 meter hanya dalam 30 detik.

Potain terlibat aktif di industri tower crane di China setelah menyaksikan dan turut serta dalam kemunculan dan pertumbuhan sektor ini. Pada 1984, dalam naungan Kementerian Konstruksi China, tiga model tower crane Potain dan sederet teknologi manufakturnya hadir di China setelah pertimbangan teknis yang komprehensif, serta uji lapangan yang dilakukan pengambil keputusan di industri konstruksi saat itu: China Construction Machinery Corporation, Changsha Construction Machinery Research Institute, Sichuan Construction Machinery Factory, Shenyang Construction Machinery Factory, dan Beijing Construction Engineering Machinery Factory. Hal tersebut lalu menjadi katalis yang menggerakkan pertumbuhan pesat sektor tower crane di China.

Pada 1955, Potain mulai menjalankan kegiatan produksi di China dengan membuka pabrik di Zhangjiagang, Provinsi Jiangsu. Kini, pabrik ini telah berkembang sebagai fasilitas produksi utama Potain di Asia Pasifik, serta memproduksi rangkaian lengkap tower crane sebagai bagian dari strategi lokalisasi dalam pengembangan produk.

Selama 95 tahun, Potain telah menjual dan menginstalasi lebih dari 150.000 tower crane di seluruh dunia. Lini produk yang lengkap, inovasi teknologi yang terus berlangsung, serta berbagai jenis fitur yang tersedia memperkuat portofolio Potain untuk setiap skenario konstruksi. Produk crane buatan Potain dapat ditemukan di berbagai gedung pencakar langit yang menjulang tinggi di kota-kota utama di seluruh dunia.

Narahubung Media: ling.qian@manitowoc.com

Source : Potain

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023