Tidak hanya pertumbuhan ekonomi yang meningkat, tapi diharapkan juga semakin menggerakkan roda ekonomi
Jakarta (ANTARA) - Pengelolaan Lapangan Abadi di Blok Masela oleh Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina diyakini mampu menggerakkan roda perekonomian di kawasan timur Indonesia (KTI).

“Tidak hanya pertumbuhan ekonomi yang meningkat, tapi diharapkan juga semakin menggerakkan roda ekonomi, khususnya bagi Indonesia bagian timur," ujar pengamat ekonomi pembangunan Universitas Pattimura Ambon, ‪Izaac Tonny Matitaputty melalui sambungan telepon dari Jakarta, Kamis.

Menurut dia, eksplorasi sumber daya alam memang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, terlebih dengan keterlibatan PHE pada pengelolaan Blok Masela yang berlokasi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

“Saya yakin, karena BUMN Pertamina turut hadir dalam pengelolaan Blok Masela. roda ekonomi akan bergerak," katanya

Jika Blok Masela dikelola dengan baik, lanjutnya, maka ketimpangan semakin kecil, pengangguran kecil, kemiskinan semakin kecil.

Izaac optimistis, kehadiran PHE di Blok Masela, akan mampu meningkat kesejahteraan masyarakat setempat. Hal itu sangat berarti bagi Maluku dan juga Indonesia bagian timur. “Makanya, dengan Pertamina di Blok Masela, diharapkan eksplorasi akan memberikan efek domino. Misal sekarang Maluku posisi keempat termiskin, mudah-mudahan bisa menurun jauh,” kata Izaac.

Untuk itulah Izaac menyebut, pentingnya perhatian terhadap daerah. Misal dari sisi participating interest maupun upaya penyerapan tenaga lokal.

Salah satu contoh, kata dia, jasa katering untuk karyawan Blok Masela. Jika dipercayakan kepada UMKM lokal, maka dampaknya luar biasa. Karena jasa tersebut, akan terkait dengan pasokan bahan baku, seperti sayur dan lauk. Kalau seluruh bahan baku juga didapatkan dari sumber-sumber lokal, betapa luar biasa dampaknya.

“Belum lagi di hilir ketika terjadi spend money, maka semua akan bergerak,” katanya.

Selain itu dengan kehadiran Pertamina di Blok Masela, yang sudah barang tentu akan menyediakan berbagai porgram CSR bagi masyarakat. Melalui program tersebut, menurut Izaac, efek domino tambah besar dan semakin mempercepat gerak roda ekonomi.

Sebelumnya, 25 Juli 2023 Pertamina melalui Subholding Upstream Pertamina bersama Petronas dipastikan mengambil alih 35 persen saham Shell Upstream Overseas Services Limited (SUOS) di Blok Masela. Dalam hal ini, PHE dengan porsi 20 persen dan Petronas 15 persen.

Baca juga: Pengamat: PHE miliki pengalaman untuk kelola Blok Masela
Baca juga: Pengamat: Saatnya percayakan pengelolaan blok migas pada anak bangsa

Pewarta: Subagyo
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023