Indramayu, Jawa Barat (ANTARA) - Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Ma'had Al Zaytun berjalan lancar, meskipun berbagai polemik terkait Panji Gumilang tengah melanda institusi tersebut, kata Koordinator Bidang Kurikulum Madrasah Aliyah (MA) Al Zaytun Muhammad Nasir.

"Kami pastikan kurikulum berjalan dengan baik, begitu pula dengan kegiatan belajar mengajar," kata Muhammad Nasir, saat dikonfirmasi di Indramayu, Jawa Barat, Kamis.
 
Nasir mengatakan proses KBM harus menyatu sebagai program kegiatan santri dan guru harus dilakukan secara menyeluruh, dan tidak boleh diganggu dengan kegiatan apapun.
 
"Tugas anak-anak semuanya adalah belajar, sedangkan tugas para guru adalah mendidik dan mengajar, tidak boleh diganggu," tegasnya.
 
Senada dengan hal tersebut, Presiden Organisasi Pelajar Ma'had Al Zaytun Shabrina Tifa Azzahra juga mengaku dirinya dan teman-temannya tidak merasa terganggu dengan adanya polemik tersebut.
 
Ia menegaskan tidak ada perbedaan apapun dalam kegiatan belajar mengajar yang ada di Ma'had Al Zaytun sebelum dan setelah adanya berbagai polemik tersebut.
 
"Tugas kami belajar dan berkarya, bukan mengatasi atau menjadikan itu pusat pemikiran untuk memahami berita di luar," kata Shabrina.
 
Santriwati asal Tangerang, Banten tersebut mengaku dirinya bahagia menjadi seorang santriwati di Ma'had Al Zaytun. Hal tersebut dibuktikannya dengan dirinya yang menimba ilmu di institusi tersebut sejak 2015, atau sejak kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI), hingga kelas XII MA sekarang.

Baca juga: YPI sebut Ma'had Al Zaytun dibangun berdasarkan dendam positif

Baca juga: YPI tegaskan Panji Gumilang tidak dapat dipisahkan dari Al Zaytun

Baca juga: Polri terima konfirmasi Panji Gumilang tak hadir pemeriksaan

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023