Jakarta (ANTARA) - Para pemenang lomba fotografi "Color of Jakarta" 2023 diundang untuk mengikuti upacara memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka, Jakarta.
 
"Ada 12 pemenang termasuk juri diundang di 17- an di Istana, tapi pada saat sore hari ya," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menyerahkan hadiah pemenang lomba tersebut di Jakarta, Kamis.
 
Dalam acara bertema "Karya Untuk Jakarta" di Aula Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta tersebut, Heru juga mengapresiasi hasil karya fotografi peserta yang nantinya dipamerkan di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta.
 
"Nanti karya mereka akan ditampilkan di Meeting of Mayors and Governors of ASEAN Capital 2023 (MGMAC 2023)," ujar Heru.
 
Heru berharap lomba fotografi ini dapat mempromosikan Kota Jakarta dan menumbuhkan rasa positif bagi Jakarta sehingga bisa memberikan pengaruh dan peningkatan pada DKI Jakarta.

Heru mengaku bahagia melihat besarnya antusiasme warga Jakarta berpartisipasi dalam CoJ 2023. Heru juga mengajak seluruh pihak untuk terus berkarya dan mengasah kreativitas dengan terus menghasilkan karya foto yang luar biasa untuk membingkai Jakarta.

Sebanyak 3.115 karya foto yang terkumpul dari para peserta menjadi wujud kepedulian dan kecintaan warga terhadap kotanya. "Karya Anda untuk Jakarta akan jadi karya untuk Nusantara," kata Heru.
 
Baca juga: Pemkot Jakut gandeng jurnalis kreatif gelar lomba foto-video
Baca juga: Rayakan HUT DKI Jakarta dengan bertualang dari halte ke halte

 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama para pemenang lomba Fotografi "Color of Jakarta" 2023 di Aula Balai Agung, Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (27/7/2023). ANTARA/Siti Nurhaliza

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, kegiatan tersebut dibangun dengan semangat kemitraan untuk menghasilkan karya-karya terbaik bagi Jakarta.
 
"Sebagai rangkaian lomba, Dinas Kominfotik juga menyelenggarakan kegiatan 'photo hunting' dan 'workshop'," katanya.

Dalam kegiatan tersebut terkumpul sebanyak 455 karya foto kategori "Jakarta Landscape", 557 karya foto kategori "Public Space", 491 karya foto kategori "Human in Jakarta" dan 1.612 karya foto kategori "Photo Series".
 
Untuk penjurian, Dinas Kominfotik DKI Jakarta melibatkan tiga orang dewan juri profesional, yaitu Arbain Rambey (Pewarta Foto Indonesia), Barry Kusuma (Travel Fotografer dan Videografer), dan Yusie Meiti (Digital Creator @geonusantara).
 
"Terkait dengan momentum kegiatan pada hari ini, kami berharap dapat menjadi sarana kemitraan antara Pemprov DKI Jakarta dengan komunitas fotografi dan 'content creator' baik secara langsung maupun melalui karya-karya fotografi,” katanya.
 
Adapun "Color of Jakarta" ini merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-496 Kota Jakarta. Lomba berlangsung pada 6 Juni-9 Juli 2023.
 
Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp15 juta, juara 2 senilai Rp10 juta dan juara 3 senilai Rp8 juta.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023