Jakarta (ANTARA) - Klub Arab Saudi Al Ettifaq mengonfirmasi transfer gelandang timnas Inggris Jordan Henderson dari Liverpool pada Kamis.

"Seorang pemimpin dan seorang petarung, kami sangat senang bisa mendatangkannya. Selamat datang ke rumah baru Anda Jordan Henderson," tulis Al Ettifaq di akun Twitternya.

Gelandang Inggris berusia 33 tahun itu akan mengakhiri 12 tahun kariernya di Anfield ketika dia memutuskan bergabung dengan mantan rekan setimnya di Liverpool Steven Gerrard yang sekarang menjadi pelatih Al-Ettifaq. Henderson dipastikan mengenakan nomor punggu​​​​​​​ng 10 di klu​​​​​​​b baru​​​​​​​nya tersebu​​​​​​​t.
 
Henderson dilaporkan mendapatkan kontrak fantastis senilai 700.000 poundsterling (sekitar Rp13,6 miliar) per pekan dari klub Arab Saudi tersebut.

Liverpool juga dilaporkan bakal menerima dana sebesar 12 juta pounsterling (sekitar Rp233 miliar) untuk transfer tersebut.

Henderson memimpin The Reds meraih gelar liga Premier Inggris pertama mereka selama tiga dekade terakhir pada 2020, setahun setelah mengangkat trofi Liga Champions.

Baca juga: Akan gabung Al-Ettifaq, Henderson ucapkan perpisahan untuk Liverpool

"Sulit untuk mengatakan 12 tahun terakhir ini dan bahkan lebih sulit untuk mengucapkan selamat tinggal," kata Henderson dalam sebuah unggahan di Instagram. "Saya akan selalu menjadi Merah. Sampai akhir hayat saya."

"Terima kasih atas segalanya. Anda tidak akan pernah berjalan sendirian."

Henderson bergabung dengan Liverpool dari Sunderland pada 2011 dan menggantikan Gerrard sebagai kapten di Anfield pada 2015.

Sejak itu, Henderson telah tampil 492 kali dan mencetak 33 gol selama 12 tahun membela Liverpool. Sementara itu, di level internasional, Henderson telah mencatatkan 77 penampilan dengan mencetak 3 gol sejak melakoni debutnya untuk timnas senior Inggris pada 2010.

Baca juga: Olympique de Marseille umumkan transfer Ismaila Sarr dari Watford

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023