Banda Aceh (ANTARA) - Tiga anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Banda Aceh mengikuti Jambore Dunia Ke-25 yang berlangsung di Saemangeum, Korea Selatan, pada 2-12 Agustus 2023.

“Tiga anggota Pramuka yang akan ikut Jambore Dunia agar menjaga nama baik Banda Aceh dan Aceh. Jadikan kesempatan ini sebagai ajang berbagi pengalaman," kata Penjabat Wali Kota Banda Aceh Amiruddin, di Banda Aceh, Kamis.

Pesan itu disampaikan Amiruddin dalam pelepasan tiga anggota Pramuka Kwarcab Kota Banda Aceh tersebut ke Korea Selatan (Korsel), di Gedung Mawardi Nurdin, Balai Kota Banda Aceh.

Baca juga: Pramuka Kudus kirimkan 7 anggota ikuti jambore dunia di Korea Selatan

Tiga anggota Pramuka yang lolos ke Jambore Dunia di Korsel setelah mengikuti seleksi pada Januari 2023 lalu tersebut, yakni Muhammad Aidil Haj, Putra Mahara, dan Piang Amporn Yimyam.

Ketiganya dijadwalkan berangkat ke Jakarta terlebih dahulu pada 29 Juli 2023, kemudian baru melanjutkan perjalanan ke Korsel untuk bergabung dengan peserta dari seluruh dunia.

Amiruddin menyampaikan bahwa tiga anggota Pramuka Kwarcab Banda Aceh tersebut merupakan duta bagi Banda Aceh dan Aceh secara umum selama mengikuti Jambore Dunia.

Baca juga: Pramuka Kota Semarang kirim delegasi ke Jambore Dunia 2023

"Oleh karena itu, saya meminta tiga anggota Pramuka tersebut agar menunjukkan sikap yang merepresentasikan kultur Aceh di mata dunia yang dikenal sebagai masyarakat berbudaya dan menghargai nilai-nilai persaudaraan.

Amiruddin juga berpesan keikutsertaan mereka dalam Jambore Dunia itu harus dimanfaatkan untuk mendapatkan pengalaman berharga yang bisa mendorong peningkatan kapasitas diri.

Baca juga: Kwarcab Sleman ikut Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan

"Ikuti semua agenda di sana dengan serius, sehingga sepulang dari sana nantinya dapat lebih banyak berkontribusi positif kepada lingkungan dan masyarakat," kata dia.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023