Samarinda (ANTARA) - Tiga rumah di pemukiman padat penduduk di Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur hangus terbakar, Kamis malam.

Api dengan cepat menelan tiga bangunan rumah terdiri dari dua rumah tunggal beton dan satu rumah bangsal 12 pintu berbahan kayu yang ada di lokasi kejadian.

Warga tampak sibuk untuk menyelamatkan sejumlah barang berharga mereka karena kobaran api sempat membesar sehingga membuat kepanikan warga.

Puluhan petugas pemadam kebakaran berasal dari pemerintahan dan sejumlah relawan yang tiba di lokasi kejadian langsung melakukan aksi untuk memadamkan api.

Menurut Suharyanto salah seorang yang ada di lokasi kejadian, api mulai terlihat membesar sekitar pukul 19.40 wita.

"Saya habis solat Isak mendengar ada teriakan kebakaran, lalu saya keluar, dan ternyata sudah banyak orang di sekitar lokasi kejadian," kata Suharyanto.

Saat dia keluar rumah memang sudah banyak warga berkerumun, namun kata Suharyanto justru bukan semuanya berasal dari warga sekitar.

Kerumunan warga tersebut menjadi kendala bagi petugas untuk menjinakkan api menurut pengakuan Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kota Samarinda Makmur Santoso.

Ia mengatakan para petugas dan relawan yang datang dengan mobil dan membawa alat sulit untuk masuk karena terhalang oleh warga yang menonton musibah tersebut.

" Berdasarkan laporan sementara yang kami terima bangunan terbakar terdiri dari rumah bangsal 12 pintu dan dua rumah tunggal." kata Makmur Santoso.

Ia mengatakan di lokasi kejadian petugas juga sulit untuk mendapatkan sumber air, padahal kobaran api cepat membesar karena bangunan yang terbakar dengan material kayu.

" Kami bersyukur usaha dan kerja keras petugas pemadam kebakaran, relawan dan warga akhirnya berhasil memadamkan api, sekitar satu jam kemudian,"kata Makmur.

Makmur mengaku belum tau persis asal mula api, karena hingga saat ini aparat kepolisan masih melakukan penyelidikan.

Saat ini jajaran Polsek Samarinda Ulu bersama Unit Inafis Satreskrim Polresta Samarinda tengah melakukan olah TKP awal guna mengungkap penyebab pasti kebakaran.

Baca juga: Delapan rumah di Samarinda ludes terbakar
Baca juga: Dua bencana kebakaran pemukiman warga terjadi di Samarinda
Baca juga: Polisi mengamankan lokasi kebakaran 14 rumah di Samarinda

*

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023