Jakarta (ANTARA) -
Bek sayap kanan Persija Jakarta Ilham Rio Fahmi tidak menganggap pemain anyar Oliver Bias sebagai saingannya di tim inti klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut.
 
Bias, yang berposisi sebagai pemain sayap, didatangkan Persija dengan status pinjaman dari klub Ceko FK Paribram dengan masa pinjam setahun pada Rabu (19/7) silam.
 
Meski berpeluang mengusik dominasi Rio di posisi bek kanan, tetapi pemain asal Banjarnegara tersebut menyatakan bahwa ia tidak terintimidasi dengan kehadiran pemain berdarah Filipina-Jerman tersebut.
 
"Saya menganggapnya bukan saingan. Saya menganggapnya bahu-membahu lah untuk Persija. Jadi saya bisa belajar juga dari Oliver Bias, mungkin Oliver Bias bisa belajar sedikit dengan saya," kata Rio setelah acara ikatan kerja sama Persija dengan Virtualness di Persija Store, Jakarta, Kamis malam.
 
Rio mengenang pemain asing terdahulu yang juga berposisi di bek kanan, yakni Marco Motta. Menurut Rio, ia justru dapat mengambil banyak pelajaran dari mantan pemain Juventus dan AS Roma itu saat Motta masih berseragam Persija.
 
"Apalagi dia pernah bermain di RB Leipzig, jadi intinya saya dengan Oliver Bias bekerja bersama untuk kemajuan Persija," tambah Rio.
 
Terlebih Bias juga bukan sosok yang benar-benar baru bagi Rio. Keduanya sudah pernah bertemu pada pertandingan SEA Games 2021 di Vietnam.
 
Pada pertandingan tersebut, timnas Indonesia menang besar 4-0 atas Filipina.
 
"Saat kemarin pertama kali latihan saya juga menyapa dia, dan saya tanya "ingat gak pertemuan kita terakhir di timnas?" Dia bilang ingat. Mungkin saya bisa sedikit membantu lah untuk Oliver Bias tentang kultur dan budaya sepak bola Indonesia," tutur pemain kelahiran Banjarnegara, Jswa Tengah, itu.
 
Sayangnya Bias dipastikan belum akan dimainkan oleh pelatih Thomas Doll pada pertandingan terdekat, yakni melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (30/7). Doll menilai Bias masih perlu meningkatkan kebugarannya sebelum kemudian diberi kesempatan bermain.
 
Dengan demikian, Rio hampir dipastikan akan kembali mengawal sisi kanan Persija. Ia pun berharap dapat meneruskan statistik bagus Persija saat bertemu Persija.
 
"Saya harap tren positif Persija menghadapi Persebaya berlanjut, apalagi kami di tiga pertemuan terakhir berakhir seri dan kami bisa memenangi pertandingan di kandang Persebaya. Jadi kenapa kami tidak bisa menang di kandang sendiri," yakin mantan pemain Persibara Banjarnegara itu.



Baca juga: Dony dan Rio ungkap sempat ditawari ikut pendidikan kepolisian
Baca juga: Persija kembangkan bisnis media digital dengan gandeng Virtualness
Baca juga: Oliver Bias tidak sabar buktikan kemampuan bersama Persija
Baca juga: Persija resmi memperkenalkan Oliver Bias sebagai rekrutan terakhir

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023