Acara berlangsung di Hotel Grand Clarion Makassar dengan mengangkat tema “Pesona Racikan Hidangan Khas Sulawesi”

     Makassar, 27 Maret 2013 (ANTARA) –  Negeri Indonesia dengan 17.000 pulaunya begitu kaya akan keanekaragaman budaya, dan tradisi yang diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang kita. Salah satunya adalah berbagai jenis hidangan tradisional yang berpenampilan unik, lezat, penuh citarasa, kaya bumbu dan rempah-rempah alami.  Namun seiring berjalannya waktu, warisan budaya nan tak terpermanai itu kini mulai terlupakan, tergeser keberadaannya dengan hadirnya aneka-ragam makanan asing dari mancanegara. Apabila fenomena ini dibiarkan berlangsung, lama-kelamaan akan menggerus keberadaan kuliner Nusantara sebagai salah satu identitas budaya bangsa Indonesia.

     Sebagai bentuk kepedulian terhadap hidangan tradisional khas Indonesia, PT. Heinz ABC Indonesia merasa tergugah untuk ikut melestarikannya, di mana mulai tahun 2013 menggelar program bernama “Butik Kuliner Nusantara”. “Kita semua wajib mencintai dan melestarikan kuliner Nusantara agar tetap eksis. Melalui program ini kami ingin mengangkat kembali pesona khas racikan berbagai hidangan tradisional dari berbagai daerah agar dikenal secara meluas. Kami berharap acara ini dapat menginspirasi masyarakat luas dalam menyajikan hidangan tradisional yang menggugah selera,” tutur Wishnu Pramuji, Sales Director PT. Heinz ABC Indonesia.

     Digelarnya Butik Kuliner Nusantara tak lepas dari salah satu misi sosial Heinz ABC untuk ikut melestarikan kekayaan hidangan tradisional khas Nusantara, di mana Heinz ABC menggandeng ICA (Indonesian Chef Association), para pakar kuliner dan dan penjaja makanan tradisional dari berbagai daerah. “Melalui tangan-tangan piawai para chef dan jawara masak-memasak yang kreatif, kami berharap program ini dapat menjadi ajang temu para juru masak handal sehingga pesona kuliner Nusantara dapat tersosialisasikan dengan baik di dalam maupun di luar negeri,” jelas Wishnu.

     “Kali ini BKN kami hadirkan di Makassar, setelah sebelumnya kami gelar di Pulau Bali pada Januari 2013.  Kami sengaja memilih Makassar sebagai ajang penyelenggaraan BKN karena kota ini menjadi pintu gerbang wilayah Indonesia bagian timur dan sekaligus sebagai etalase kuliner Pulau Sulawesi,” tutur Yanuardi Sobara, Marketing Manager Food Service PT. Heinz ABC Indonesia.

     Sulawesi, sebuah nusa yang luas, kaya dengan beragam seni budaya dan keindahan alamnya. Pulau yang kerap disebut Celebes ini  juga memiliki kekayaan kuliner tradisional yang beraneka -ragam, tersebar di 6 provinsi, yaitu: Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat. Aneka hidangan tradisional khas Sulawesi yang kini banyak disukai masyarakat luas karena kelezatan cita rasanya adalah Tinutuan atau Bubur Manado dan Klappertaart khas Kawanua, Kaledo khas Palu, Binte Biluhuta khas Gorontalo, Pa Piong Sola Bo Bo khas Tana Toraja, Kapussu Nussu khas Buton, Sinonggi khas Kolaka, Sup Ubi khas Kendari, dan Coto, Sop Saudara, Mie Titi serta Sop Konro khas Makassar.

     BKN yang ditata dengan apik dan cantik adalah sebuah perwujudan komitmen dan apresiasi Heinz ABC terhadap kerarifan tradisi kuliner Nusantara, dan juga bertujuan untuk mengajak masyarakat luas agar dapat mengenal lebih dalam sederet sajian hidangan tradisional yang belum disadari pesonanya. BKN diharapkan nantinya dapat menjadi sebuah wadah untuk bersosialisasi dan memperkaya jurus-jurus seni memasak hidangan yang lezat serta mengasah kreativitas seputar kuliner Nusantara.

     Dalam industri kuliner, peran chef yang piawai dan kreatif amatlah vital. Meskipun chef berada di posisi puncak pada rantai industri kuliner, peran pedagang makanan tradisional pun tak boleh dilupakan. Mereka sebagai garda terdepan untuk terus melestarikan dan memperkenalkan kelezatan kuliner Nusantara kepada masyarakat luas. Melalui program ini, Heinz ABC mengajak para chef dan pedagang makanan tradisional untuk bersama-sama membangkitkan kembali pesona racikan hidangan Nusantara yang kini mulai terlupakan oleh masyarakat Indonesia.

     BKN di Makassar menghadirkan para pedagang makanan tradisional, di antaranya pendiri Sop Saudara asal Makassar dan penjaja Bite Biluhuta, sop jagung khas Gorontalo.  Para pedagang makanan tradisional itu akan mempertontonkan kebolehannya memasak hidangan andalannya di depan para chef hotel dan restoran serta para tamu  lainnya. Selain itu, acara ini juga menyuguhkan diskusi menarik seputar ragam pesona racikan hidangan yang masih tersembunyi di berbagai pelosok Nusantara dan juga menampilkan “Wall of Fame” yang berisi aneka makanan favorit di pulau Sulawesi.

     Sekilas tentang HJ Heinz Company Limited
     Henry Heinz mendirikan H J Heinz Company Limited pada 1869 di Amerika Serikat. Sejak saat itu, produk-produk Heinz dinikmati dan memuaskan konsumen di seluruh dunia selama lebih dari 140 tahun.

     Sekilas tentang PT Heinz ABC Indonesia
     Produk ABC telah menjadi pilihan konsumen Indonesia dan diekspor ke pasar internasional selama 40 tahun. PT. Heinz ABC Indonesia adalah anak perusahaan H J Heinz Company Limited, produsen makanan raksasa yang berbasis di Amerika.Serikat. Heinz memiliki pengalaman lebih dari 140 tahun memanjakan konsumen di seluruh dunia dengan aneka produk makanan dan minuman. Keberhasilan ini adalah buah visi perusahaan yang hanya memproduksi makanan dan minuman yang unggul dalam rasa, bergizi dan berkualitas.

     PT. Heinz ABC Indonesia adalah anak perusahaan Heinz yang terbesar di Asia, dan salah satu yang terbesar di dunia, dengan 3000 karyawan, 3 fasilitas produksi, 8 fasilitas pengepakan dan jaringan distribusi yang luas di Pulau Jawa dan wilayah lain di Indonesia. ABC adalah salah satu dari 15 merek unggulan Heinz di seluruh dunia.

     PT. Heinz ABC Indonesia memahami kekuatan makanan dalam menyatukan orang-orang dengan  latar belakang berbeda, meleburkan budaya dan memperkaya kehidupan manusia. Kami adalah produsen makanan dan minuman terkemuka di Indonesia. Produk-produk ABC dibuat dengan standar internasional dan dinikmati jutaan orang Indonesia selama 40 tahun. Makanan dan minuman lezat adalah hidup kami. Kami selalu senang membuat makanan lezat, dan kami tahu Anda juga. Kami hanya memproduksi makanan dan minuman dengan rasa dan kualitas paling unggul.

     Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

     Radityo Djadjoeri
     Mobile: 0817-9802250
     E-mail: mediacare@cbn.net.id, radityo_dj@yahoo.com

     “Melakukan sesuatu yang biasa dengan cara yang tidak biasa akan membuahkan keberhasilan” – Henry Heinz, pendiri HJ Heinz Company Limited

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013