Makassar (ANTARA) - PT Festival Delapan menyiapkan 150 stan  bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat pagelaran Makassar International Eight Festival and Forum atau Makassar F8.

Direktur PT Festival Delapan, Wawan Setyawan di Makassar, Jumat, mengatakan 150 stan ini terdiri dari pelaku UMKM produk dan kuliner.

"Sebanyak 150 stan disiapkan untuk pelaku UMKM selama lima hari berturut-turut pelaksanaan Makassar F8 yakni mulai 23 -27 Agustus 2023," ujarnya.

Penyiapan wadah untuk pelaku UMKM ini dilakukan seperti penyelenggaraan Makassar F8 tahun-tahun sebelumnya. Tujuannya memberi dampak positif bagi pelaku UMKM.

Apalagi, kata dia, sesuai dengan instruksi pemerintah pusat untuk melakukan cara agar pemulihan ekonomi berangsur-angsur membaik pasca pandemi COVID-19.

“Makassar F8 ini kita lihat selalu potensinya luar biasa. Memberikan dampak yang baik. UMKM harus selalu hadir di setiap event. Perputaran ekonomi lima hari nanti akan besar sekali apalagi setelah pandemi seperti ini,” katanya.

Wawan Setyawan mengatakan, bercermin dari perhelatan Makassar F8 sebelumnya, UMKM berkontribusi dalam besaran transaksi selama pelaksanaan acara yang masuk dalam Top 10 Kalender Event Nasional (KEN) Wonderful Indonesia ini.

“Tahun lalu transaksi kita tembus Rp34 miliar, kita target tahun ini meningkat menjadi Rp50 miliar. Animonya luar biasa,” harap Wawan.

Sementara itu. Ketua PHRI Sulsel Anggiat Sinaga mengatakan tiap kegiatan besar seperti Makassar F8 ini biasanya okupansi hotel bisa naik hingga 20 persen.

“Makassar akhir-akhir ini banyak event besar seperti MNEK, Rakernas APEKSI. Luar biasa peningkatan okupansi perhotelan dan rumah makan melejit,” bebernya.

Ia pun meminta gelaran acara di Makassar semoga selalu ada dan jangan berhenti. Berbagai agenda kegiatan  ini tak lepas dari kinerja Pemerintah Kota Makassar yang selalu berhasil menggaet tamu-tamu untuk betah di Kota Makassar.

“Saya harap kedepannya pemimpin kota Makassar bisa setara dengan pemikiran dan ide kreatif seperti pak Danny Pomanto agar berbagai acara  di Makassar bisa selalu ada untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar,” harapnya.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023