Saya kira pertemuan kita pada hari ini melalui penandatanganan MoC ini adalah bagian dari upaya kita mempererat hubungan Indonesia dan Jepang
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI dan Pemerintah Prefektur Miyagi, Jepang sepakat menjalin kerja sama percepatan penempatan dan penerimaan pemagangan teknis Indonesia, specified skilled workers dan teknisi ke Jepang.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan memorandum of cooperation (MoC) oleh Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi dan Gubernur Prefektur Miyagi, Yoshihiro Murai di Jakarta pada Jumat (28/7/2023) dan disaksikan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Baca juga: Kemenaker: Sidang G20 EWG keempat sepakat atasi tiga isu prioritas

"Semoga pelaksanaan MoC ini berjalan secara efektif dan efisien," ujar Menaker di Jakarta, Jumat.

Dalam kesempatan itu, Menaker menginstruksikan kepada pejabat terkait di Kementerian Ketenagakerjaan RI agar bertindak cepat dan sigap untuk menyelesaikan MoC ini.

Baca juga: ILO Indonesia dukung pengawasan ketenagakerjaan di sektor perikanan

Menaker menyampaikan, saat Presidensi G20 India bertemu dengan Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, Katsunobu KATO. Dalam pertemuan tersebut kedua pihak sepakat untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Jepang.

"Saya kira pertemuan kita pada hari ini melalui penandatanganan MoC ini adalah bagian dari upaya kita mempererat hubungan Indonesia dan Jepang," tuturnya.

Baca juga: Anak usaha TLDN raih Penghargaan Nihil Kecelakaan 2023 dari Kemenaker
 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023