Jakarta (ANTARA) – Segera beroperasinya sarana transportasi publik baru Light Rail Transit (LRT Jabodebek) dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada pertengahan Agustus 2023 besok, membawa dampak langsung pada pasar properti yang dipasarkan di sepanjang lintasannya khususnya di area Jakarta Timur.

Marine Novita, Country Manager Rumah.com menjelaskan bahwa proyek infrastruktur transportasi menjadi daya tarik bagi konsumen, khususnya transportasi umum yang menghubungkan kawasan hunian dengan pusat kota. Kehadiran LRT Jabodebek dan KCJB menjadi berkah bagi area hunian yang dilintasi sarana transportasi umum tersebut.

"Salah satu area yang prospektif di lintasan LRT Jabodebek dan KCJB adalah perkembangan ke arah Timur dan Selatan dari Jakarta. Berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Report Q2 2023, Jakarta Timur mencatat median harga (m²) hunian terendah di wilayah DKI Jakarta yaitu sebesar Rp. 18.072.289,- sehingga menjadikan area ini sangat prospektif bagi mereka yang akan membeli hunian di wilayah DKI Jakarta," jelas Marine.

Menurut data Rumah.com Indonesia Property Market Report, dibandingkan wilayah DKI Jakarta lainnya, area Jakarta Timur memang mencatat median harga (m²) hunian terendah selama ini. Pada Q1 2018, tercatat median harga (m²) masih di angka Rp. 13.930.000,-, sementara wilayah lainnya di DKI Jakarta sudah di atas angka Rp 20.000.000,-. Terakhir pada Q1 2023 median harga (m²) sebesar Rp. 18.072.289,- yang merupakan kenaikan tipis 0,3 persen secara kuartalan, dan naik 4,9 persen secara tahunan.

LRT Jabodebek lintas Cibubur akan memiliki 6 stasiun di area Jakarta Timur yaitu Stasiun LRT Cikoko, Stasiun LRT Ciliwung, Stasiun LRT Cawang, Stasiun LRT TMII, Stasiun LRT Kampung Rambutan, dan Stasiun LRT Ciracas. Sedangkan LRT Jabodebek lintas Bekasi memiliki 4 stasiun di area Jakarta Timur yaitu Stasiun LRT Cikoko, Stasiun LRT Ciliwung, Stasiun LRT Cawang, dan Stasiun LRT Halim.

Sarana transportasi umum LRT Jabodebek yang ditargetkan akan beroperasi resmi pada bulan Agustus 2023 ini akan berimbas langsung pada proyek properti yang dipasarkan di sekitar stasiun maupun lintasan transportasi publik lainnya. Salah satunya adalah LRT City, proyek transit oriented development (TOD) yang dikembangkan oleh PT Adhi Commuter Property Tbk (ADCP), merupakan anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk, perusahaan BUMN yang membangun LRT Jabodebek.

Salah satu proyek TOD yang terkoneksi langsung dengan LRT Jabodebek adalah LRT City MTH yang memiliki skybridge sepanjang 17 meter untuk menghubungkan area komersial LRT City MTH dengan Stasiun LRT Ciliwung. Kawasan LRT City seperti ini akan menjadi solusi bagi masyarakat dan menjadi peradaban baru khususnya untuk kawasan perkotaan dan masyarakat urban seperti halnya di kota-kota besar dunia lainnya.

LRT Jabodebek diperkirakan akan bisa mendorong pengembangan properti di area sebelah Timur dan Selatan Jakarta. Hal ini mengingat Presiden Joko Widodo sudah mengamanatkan kepada Kementerian Perhubungan untuk melanjutkan pembangunan LRT Jabodebek lintas Cibubur akan diperpanjang sampai Kabupaten Bogor dan LRT Jabodebek lintas Bekasi akan diperpanjang sampai Kabupaten Karawang. Saat ini Kementerian Perhubungan sedang melakukan feasibility study (FS) dan design engineering detail (DED).

Marine menambahkan menjelang beroperasinya sarana transportasi umum LRT Jabodebek dan KCJB, sebelum mengambil keputusan membeli hunian di area sebelah Timur dan Selatan dari Jakarta, para pencari hunian bisa mempelajari dulu panduan pembelian rumah dengan mengunjungi www.rumah.com/panduan. Di dalamnya terdapat panduan lengkap, mulai dari cara mengumpulkan uang untuk uang muka, memilih cicilan yang ideal, hingga menemukan lokasi hunian terbaik.

"Beragam informasi yang dibutuhkan oleh konsumen yang pertama kali akan membeli rumah, mulai dari rencana infrastruktur wilayah hunian yang menjadi incaran, perbandingan harga properti satu lokasi yang sama maupun di sekitarnya, simulasi KPR, semuanya bisa didapatkan di Rumah.com. Mencari hunian terutama bagi pembeli rumah pertama bukanlah keputusan yang mudah, namun Rumah.com menyediakan beragam informasi yang dapat membantu konsumen mengambil keputusan dengan lebih percaya diri," pungkas Marine.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023