Jakarta (ANTARA) - Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Stephen Scott, mengunjungi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 25-27 Juli dalam rangka merayakan kemitraan pembangunan Australia di Indonesia Timur.

Bersama Sekretaris Daerah Provinsi NTT Kosmas Damianus Lana, Scott menyampaikan sambutan pada Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (FKTI). Forum Kawasan Timur Indonesia menampilkan praktek, ide dan pengalaman inovatif yang menggambarkan pencapaian pembangunan di Indonesia Timur.

"Pemerintah Australia senang dapat bermitra dengan pemerintah Indonesia, pemerintah provinsi, komunitas warga, dan pemangku kepentingan penting lainnya untuk mendukung pembangunan di Indonesia Timur," kata Scott dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Scott mengaku senang berkesempatan melihat secara langsung keragaman yang kaya di Indonesia Timur. "Saya senang melihat bagaimana berbagai kemitraan kami mendukung kepemimpinan lokal yang kuat dan komitmen terhadap pembangunan."

Dalam kunjungannya, Scott dan Lana bersama-sama meluncurkan Kemitraan Indonesia-Australia: Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) di NTT.

Program SKALA dikelola secara bersama melalui kemitraan antara pemerintah Australia, Bappenas, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan yang bertujuan untuk mendukung pemerintah provinsi dan kabupaten dalam memperkuat penyelenggaraan pelayanan publik.

Selama di Kupang, Scott secara resmi menyerahkan 100.000 vaksin rabies untuk anjing sebagai bentuk dukungan pemerintah Australia kepada pemerintah Indonesia dalam menangani wabah rabies yang sedang melanda Timor Barat.

Dia juga mengumumkan bantuan penelitian Koneksi tahap pertama yang difokuskan pada Indonesia Timur.

Melalui Koneksi, Pemerintah Australia akan mendanai 16 bantuan penelitian baru untuk lembaga-lembaga Australia untuk bermitra dengan organisasi penelitian yang berbasis di Indonesia Timur di bidang perubahan iklim dan lingkungan hidup.

Baca juga: Australia buka pendaftaran beasiswa bagi WNI untuk kembangkan IKN
Baca juga: Pemprov NTT luncurkan program skala kemitraan dengan Australia

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023