Aliansi strategis Telkom dengan IBM untuk memenuhi kebutuhan pusat data para pelaku bisnis korporasi di Indonesia ataupun regional, mencakup disain, "go to market", kerjasama operasional, sertifikasi, serta transfer knowledge,"
Jakarta (ANTARA News) - PT Telkom melalui anak usahanya PT Telkomsigma dan IBM sepakat bekerjasama membangun dan meningkatkan penyediaan jasa layanan operasional "data center" untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan industri melalui jaringan komunikasi yang handal.

"Aliansi strategis Telkom dengan IBM untuk memenuhi kebutuhan pusat data para pelaku bisnis korporasi di Indonesia ataupun regional, mencakup disain, "go to market", kerjasama operasional, sertifikasi, serta transfer knowledge," kata Direktur Utama Telkom, Arief Yahya, di Jakarta, Rabu.

Dalam kolaborasi ini Telkomsigma dan IBM Indonesia mengoperasikan Data Center yang berspesifikasi tier-3 dan tier-4 yang dimulai dengan lokasi pusat data di Sentul, Jawa Barat.

Sebagai pusat data tier-3 dan tier-4, data center ini dirancang untuk menyediakan uptime optimal sehingga dapat menjadi host untuk "core system" serta "surrounding system" dari para pelanggannya.

Selain itu, dengan memanfaatkan perangkat analitik, pusat data ini akan dapat merasionalkan infrastruktur teknologi informasi (TI), meningkatkan efisiensi, dan mengurangi biaya operasi karena menerapkan konsep "pay as you grow" untuk belanja modal (capex) dan belanja operasional (opex).

"Seiring berjalannya waktu, transfer knowledge akan semakin memperkaya pengetahuan dan mendukung kami untuk terus berkembang dalam menguasai pangsa pasar lokal dan dunia," ujar Arief.

Sementara itu, Presiden Direktur, IBM Indonesia, Suryo Suwignjo, mengatakan, kesepakatan antara Telkomsigma dan IBM ini akan menghadirkan semua yang terbaik di bidang TI dan telekomunikasi.

"Pengalaman IBM yang luas di bidang kapasitas pusat data, dikombinasikan dengan pengalaman dan pemahaman Telkomsigma tentang kebutuhan perusahaan Indonesia, kami akan dapat menyediakan pengalaman pelanggan yang unggul," ujar Suryo.

Telkom dalam kapasitasnya sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia tengah menuntaskan pembangunan broadband di seluruh Indonesia yang memberikan nilai tambah dan menjadi sarana utama dalam penyelenggaraan layanan Data Center yang akan dibangun bersama ini.

Sinergi dari kedua kekuatan ini akan memperkuat datacenter dengan pengalaman IBM merancang dan membangun lebih dari 1.000 pusat data modular untuk pelanggan-pelanggannya di seluruh dunia, dan terbukti mampu menghemat biaya energi hingga 30 persen per tahun.

Direktur Utama Telkomsigma, Judi Achmadi mengatakan, pengetahuan, pengalaman dan keahlian domain IBM yang diakui secara global diharapkan dapat lebih mengembangkan kualitas layanan operasional data center yang telah dilakukan Telkom selama ini.

"Kedepannya Telkomsigma akan menjadi "preferred technology partners" bagi pelanggan IBM yang ada di Indonesia maupun regional yang memiliki kebutuhan akan layanan data center berstandar dunia tersebut," ujar Judi.

Pengalaman Telkomsigma dalam mengelola struktur dan infrastruktur, serta jumlah pelanggan korporasi pengguna layanan data center lebih dari 200 perusahaan ini merupakan alasan IBM untuk menjadikan Telkomsigma sebagai partner penyedia layanan data center di Indonesia.

(R017/B012)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013