Hampir pasti, sebagian besar akan bisa Indonesia capai sampai 2015. Sebagian melampaui target sasaran dan sebagian pas dengan sasaran,"
Nusa Dua (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono optimistis jika Indonesia mampu mencapai sebagian besar target Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs).

Optimisme itu dikemukakan oleh Presiden Yudhoyono dalam konferensi pers bersama Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf dan Menteri Pembangunan Internasional Justine Greening di Nusa Dua, Bali, Rabu petang, seusai pertemuan panel PBB tentang agenda pembangunan pasca-2015.

"Hampir pasti, sebagian besar akan bisa Indonesia capai sampai 2015. Sebagian melampaui target sasaran dan sebagian pas dengan sasaran," kata Presiden.

Ia menjelaskan bahwa Indonesia masih memiliki lebih dari dua tahun sebelum berakhirnya 2015 untuk mencapai delapan target MDGs.

Oleh karena itu dalam waktu yang tersisa pemerintah, kata Presiden, akan mendorong capaian-capaian MDGs yang masih sulit untuk dicapai misal penurunan angka kematian ibu.

"Kalau ada yang kurang, kita masih mempunyai waktu 2,5 tahun untuk meningkatkan, memperbaiki, melakukan kebijakan khusus dengan anggaran khusus untuk mencapai MDGs," katanya.

Beberapa target yang saat ini belum dapat dipenuhi, tambah Presiden, akan terus didorong agar tercapai pada 2015, setidaknya tepat sesuai target.

Tahun lalu menjelang menghadiri KTT Rio+20 Presiden Yudhoyono memperkirakan lebih dari separuh negara di dunia tidak bisa mencapai seluruh sasaran MDGs pada 2015.

Delapan target MDGs yang tidak mampu dicapai semua negara itu meliputi mengurangi kemiskinan absolut, melakukan pendidikan dasar, pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, mengurangi kematian anak dan balita, mengurangi kematian ibu melahirkan, mengatasi penyakit menular seperti HIV dan malaria, pengelolaan lingkungan yang baik dan kerjsama internasional untuk mencapai MDGs.

Bercermin pada realitas itu maka para pemimpin dunia kembali berkumpul di Rio de Janeiro, Brazil, 20-22 Juni 2012, untuk menggelar Konferensi Rio+20 guna memastikan bahwa komitmen yang dituangkan dalam kerangka MDGs betul-betul membawa perubahan yang signifikan bagi masyarakat dunia.

MDGs adalah komitmen para pemimpin dunia yang dideklarasikan September 2000. Mereka menetapkan target untuk mencapai pembangunan di delapan sektor pada tahun 2015.
(G003/Z002)





(T.G003/B/Z002/C/Z002) 28-03-2013 00:12:20

Pewarta: GNC Aryani dan Ageng Wibowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013