Nikosia (ANTARA News) - Bank-bank Siprus akan dibuka kembali pada Kamis mulai pukul 10.00 GMT sampai 16.00 GMT setelah ditutup selama hampir dua minggu sementara negara menegosiasikan dana talangan internasional, bank sentral mengatakan Rabu.

"Bank-bank akan melayani para nasabah besok mulai pukul 12.00 siang sampai pukul 18.00 sore," kata juru bicara bank sentral Aliki Stylianou, lapor AFP.

Seorang juru bicara kementerian keuangan juga menegaskan bank-bank akan dibuka kembali.

"Saya memberitahu Anda bahwa semua bank pasti akan buka besok," katanya kepada AFP.

Serikat Pekerja Bank Siprus (ETYK) mengatakan para staf siap untuk kembali bekerja tetapi memperingatkan para nasabah untuk tidak melampiaskan frustrasi mereka kepadanya.

"Kita semua harus ingat bahwa sebagai karyawan bank, kami tidak bertanggung jawab namun, sebaliknya, kami sendiri adalah korban dari tindak pidana dan/atau kelalaian yang menyebabkan kehancuran ini dan banyak yang dalam situasi sangat tragis," kata pernyataan ETYK.

Ribuan pekerja bank diperkirakan akan kehilangan pekerjaan mereka dalam restrukturisasi industri itu, yang akan melihat Laiki Bank berakhir dan Bank of Siprus, pemberi pinjaman terbesar di negara itu, direstrukturisasi.

Bank sentral tidak menjelas mengapa bank tidak akan buka sampai tengah hari karena waktu normal adalah buka pukul 8.30 pagi (06.30 GMT).

Namun, bank akan mempersiapkan untuk menerapkan kontrol modal yang dikenakan oleh bank sentral untuk mencegah aliran besar uang tunai ke luar dari negara itu dan guna mengatur transaksi dalam negeri.

Laporan pers yang belum dikonfirmasi pada Rabu pagi mengatakan bahwa kontrol akan mencakup larangan menguangkan cek, meskipun ini akan diterima untuk deposito.

Bank telah ditutup sejak 16 Maret, meskipun mesin ATM telah beroperasi dengan limit harian semakin berkurang. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013