Jakarta (ANTARA) - Lasagna dipercaya berasal dari kata latin 'lasanum' yang berarti panci masak, sementara beberapa orang percaya itu terinspirasi dari laganon flatbread Yunani, yang terbuat dari pasta pipih lebar dan dilapisi dengan ricotta, bechamel, sayuran atau daging, dan jenis keju lainnya.

Lembaran lasagna adalah lembaran pasta berbentuk persegi panjang yang juga bisa dibuat di rumah dengan tepung serbaguna, telur, dan sedikit garam
 
Hari Lasagna Nasional dirayakan di AS pada tanggal 29 Juli untuk memberi pujian pada hidangan yang kaya dan lezat ini. Berikut resep lasagna mudah yang bisa Anda buat sendiri di rumah dari Chef Selebriti Shipra Khanna dilaporkan Hindustan Times, Jumat (28/7).

Baca juga: Kawinkan citarasa Padang-Italia dalam resep Lasagna Rendang
 
 
Bahan-bahan: 
12 - 14 lembar lasagna
1 Bawang bombay, cincang halus
3-4 siung bawang putih, cincang
1 cangkir saus tomat
1 cangkir keju Ricotta
2 cangkir keju Mozzarella, parut
1/2 cangkir keju Parmesan, parut
Daun kemangi segar, cincang
Garam, merica, dan bumbu Italia
 
 
Cara membuat:
1. Panaskan oven Anda hingga 180 ° C dan olesi loyang berukuran 9x13 inci dengan ringan. Rebus lembaran lasagna dalam air asin hingga al dente dan tiriskan. Kemudian jalankan melalui air dingin.
 
2. Panaskan minyak. Tambahkan bawang cincang dan bawang putih cincang ke dalam wajan dan masak selama 2-3 menit lagi sampai bawang menjadi bening. 
 
3. Aduk saus tomat dan bumbu Italia. Didihkan saus selama sekitar 10-15 menit, biarkan bumbu meleleh. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
 
4. Saat saus mendidih, campurkan keju ricotta dengan segenggam daun kemangi segar cincang (jika menggunakan). Bumbui campuran dengan garam dan merica secukupnya.
 
5. Sekarang saatnya merakit lasagna. Mulailah dengan menyebarkan lapisan tipis saus daging di bagian bawah loyang yang sudah diolesi minyak.

Baca juga: Masak akhir pekan, resep lasagna & spinach and ricotta rollala
 
6. Letakkan lasagna di atas saus, menutupi seluruh bagian bawah piring. Pastikan mereka sedikit tumpang tindih.
 
7. Sebarkan lapisan campuran keju ricotta di atas lembaran lasagna diikuti dengan lapisan mozzarella parut dan keju Parmesan parut.
 
8. Ulangi lapisan - saus, lasagna, campuran ricotta, dan keju - sampai semua bahan habis. Akhiri dengan lapisan saus dan mozzarella parut yang banyak di atasnya.
 
9. Tutupi loyang dengan aluminium foil, pastikan tidak menyentuh keju agar tidak lengket. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama sekitar 25-30 menit. Kemudian, keluarkan foil dan panggang lagi selama 10-15 menit sampai keju di atasnya bergelembung dan berwarna keemasan.
 
10. Setelah selesai, biarkan lasagna dingin selama beberapa menit sebelum mengiris dan menyajikannya. Nikmati lasagna buatan sendiri.

Baca juga: Pizza Marzano buka restoran pertamanya di Bogor

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023