Jakarta (ANTARA) - Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak drg. Dwi Mutia Ramdhini, Sp.KGA RSUP Nasional dr. Cipto Mangunkusumo mengatakan memperbaiki cara menyikat gigi anak dapat mencegah timbulnya karies dan gigi keropos akibat endapan sisa makanan dalam mulut.

“Sisa makanan atau sisa susu yang menempel lama di gigi dalam jangka waktu yang lama, lama-lama gigi akan keropos,” kata Dwi dalam diskusi tentang Kesehatan gigi anak yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Dwi mengatakan cara sikat gigi yang masih belum benar dan tidak mengenai semua permukaan gigi, dapat menyebabkan gigi anak berlubang. Makanan yang mengandung manis dan lengket dapat bertahan di dalam gigi dan mulut, sehingga sisa makanan di dalam mulut tersebut akan menyebabkan terjadinya karies gigi, jika tidak dibersihkan secara menyeluruh dan benar.

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini mengatakan data dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 menunjukkan, 93 persen anak Indonesia berusia 5-6 tahun sudah mengalami karies gigi, karena masih banyak orang tua yang menganggap gigi karies atau berlubang suatu hal yang wajar karena gigi susu pada anak akan berganti saat dewasa.

Baca juga: Dokter gigi: Menyikat gigi boleh lebih dari dua kali sehari 

Padahal, gigi susu anak memiliki banyak manfaat pada tumbuh kembangnya. Yang paling utama adalah sebagai alat mengunyah di mana makanan bernutrisi masuk melalui rongga mulut, yang dapat memengaruhi masa bertumbuhnya.

Jika gigi anak berlubang, fungsi pengunyahannya menjadi tidak maksimal sehingga berdampak pada asupan nutrisinya yang menjadi tidak baik dan kurang, efeknya pertumbuhan dan perkembangan anak pun menjadi tidak baik.

Selain itu, gigi juga sebagai nilai tambah dari fungsi estetika, jika gigi anak ompong atau hitam karena karies dapat memengaruhi kepercayaan diri anak. Gigi yang copot sebelum waktunya pun, kata Dwi, juga akan memengaruhi gigi selanjutnya yang akan tumbuh menjadi tidak beraturan dan berantakan.

“Kalau misalnya dia berlubang atau sampai lepas sebelum waktunya nanti gigi penggantinya akan tumbuh jadi kehilangan arah bahkan menjadi sempit ruangan yang seharusnya ada atau rahang giginya ini menjadi sempit karena gigi sudah lepas sebelum waktunya, nanti efeknya gigi permanen yang akan tumbuh itu menjadi berantakan,” kata Dwi.

Untuk mencegah meningkatnya risiko gigi berlubang pada anak, orang tua harus tegas untuk membatasi konsumsi makanan manis dan lengket seperti permen atau coklat setidaknya seminggu sekali, dengan tetap disiplin menyikat gigi.

Batasi juga konsumsi susu formula maupun ASI sebelum tidur atau sebagai pengantar tidur. Karena ASI sekalipun dapat menyebabkan gigi berlubang. Dwi mewajibkan orang tua menyikat gigi anaknya malam sebelum tidur agar kuman sisa minum susu tidak menggerogoti gigi.

“Kalau buat anak yang dikasih susu sebelum tidur oke enggak apa-apa tapi baiknya tetap sikat gigi sebelum tidur, atau di lap pakai kasa lembab ke giginya,” ucap dokter yang tergabung dalam Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ini.

Baca juga: Dokter: Sikat gigi saja tidak cukup jaga kebersihan mulut

Dwi mengatakan terapkan juga kebiasaan rutin menyikat gigi pada anak bahkan saat anak belum memiliki gigi sekalipun, dengan rutin membersihkan rongga mulut dan gusi sehabis mengonsumsi ASI atau susu formula menggunakan kasa lembut atau waslap.

Jika anak sudah memiliki gigi, mulai lah menyikat gigi dengan pasta gigi berflouride dalam takaran dosis yang aman untuk anak, yakni sebesar biji beras. Meskipun anak belum bisa berkumur, kandungan fluoride pada pasta gigi anak masih aman jika tertelan selama masih sesuai dosis yang disesuaikan.

“Saran dari FDI dan WHO sikat gigi harus mulai dari gigi pertama tumbuh dan jangan lupa harus menggunakan pasta gigi yang ada fluoridenya, walaupun tertelan itu masih aman, tapi efeknya untuk proteksi giginya itu sangat berpengaruh banget mencegah supaya gigi nggak karies,” ucap Dwi.

Dwi juga mengatakan usahakan menyikat gigi anak pagi dan malam sebelum tidur, dan pakai sikat berbulu lembut. Orang tua juga perlu mendampingi anak untuk sikat gigi setidaknya hingga usia enam tahun untuk memastikan semua area gigi tersikat dengan baik.

Bila perlu jika gigi anak sudah ada tanda-tanda menguning, kunjungi dokter gigi untuk diberikan pasta fluoride dengan dosis tinggi agar tidak semakin melebar dan menjadi karies.

Baca juga: Dokter gigi anjurkan berkumur sekali setelah sikat gigi

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023