Jakarta (ANTARA) - Tren “Bed Rotting” merupakan aktivitas di tempat tidur dalam waktu tertentu bukan untuk tidur, tetapi untuk melakukan aktivitas pasif sebagai perawatan diri dan populer dilakukan oleh Generasi Z atau Gen Z yang mungkin merasa jenuh dengan aktivitas keterlibatan sosial.

Melalui health.com, Jumat (28/7) waktu setempat, para ahli setuju bahwa penting untuk memanjakan diri dalam perawatan diri untuk mengelola stres dan meningkatkan energi. Perawatan diri penting untuk kesehatan fisik dan mental seseorang, termasuk praktik “Bed Rotting.”

“Orang-orang ini mungkin menggunakan praktik ini untuk memberi diri mereka kesempatan untuk 'mengisi ulang baterai mereka'," kata psikolog di NewYork-Presbyterian/Columbia University Irving Medical Center, Cortney DeAngelis, PsyD.

Dalam dosis kecil, “Bed Rotting” dapat menenangkan tubuh dan membantu meredakan stres serta kelelahan, terutama bagi orang yang bekerja berjam-jam yang menuntut fisik atau mental mereka. Berbaring di tempat tidur dikenal sebagai cara untuk bersantai, sehingga dapat membuat seseorang untuk berbaring tanpa merasa bersalah.

Durasi dan aktivitas saat “Bed Rotting”

“Bed Rotting” dapat bermanfaat bagi beberapa orang dalam jangka pendek, tetapi hal tersebut perlu menjadi perhatian jika berlangsung lebih dari satu atau dua hari. Asisten profesor psikiatri klinis di Columbia University Irving Medical Center/New York State Psychiatric Institute, Ryan Sultan, MD mengatakan jika “Bed Rotting” menjadi kebiasaan, hal tersebut dapat menjadi tanda depresi atau masalah kesehatan mental lainnya.

“Penting untuk memperhatikan hal tersebut dan tidak membiarkan ‘Bed Rotting” menjadi pola perilaku,” kata Sultan.

Sepakat dengan Sultan, DeAngelis mengatakan jika menghabiskan terlalu lama di tempat tidur juga membatasi waktu yang dapat dihabiskan untuk berhubungan secara bermakna dengan teman atau orang yang dicintai. Dan jika seseorang berhenti terlalu lama tanpa menyelesaikan tugas atau bersekolah atau bekerja, hal itu pada akhirnya bisa membuat orang tersebut merasa lebih stres.

“Saya akan mengingatkan bahwa lebih sedikit lebih baik dalam konsep 'Bed Rotting', dan melakukan ini dalam jumlah sedang itu penting," kata DeAngelis.

Selain lamanya sesi “Bed Rotting,” apa yang dilakukan di tempat tidur juga memengaruhi kesehatan seseorang. Praktik tersebut dapat menjadi masalah jika sebagian besar waktu “Bed Rotting” dihabiskan untuk tidur.

Baca juga: "Kaum rebahan" juga perlu pakai tabir surya

Baca juga: "Kaum rebahan" merasa lebih gampang lelah saat WFH? Ini penjelasannya


Saat “Bed Rotting” memengaruhi tidur

Saat terbaik bagi seseorang untuk menggunakan tempat tidur dan kamar tidur adalah sebagai tempat untuk tidur dan aktivitas pribadi saja. Jika seseorang dapat melatih otak mereka untuk mengasosiasikan tempat tidur hanya untuk tidur, mereka tidak akan mengalami banyak kesulitan untuk tidur di malam hari.

Oleh karena itu, ketika orang bersantai di tempat tidur, otak mereka mungkin mengasosiasikan tempat tidur mereka dengan hal-hal selain tidur dan dapat menyebabkan gangguan tidur.

"Sederhananya, tubuh fisik Anda mungkin bingung di malam hari dan tidak akan tahu apakah Anda mencoba untuk tertidur atau membusuk. Selain itu, ini menghilangkan kesempatan untuk melakukan latihan fisik, yang juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan awal tidur,” kata DeAngelis.

Melakukan “Bed Rotting” sebelum tidur dapat menimbulkan masalah tidur. Jika seseorang melakukan hal-hal lain, seperti bekerja atau menonton video, maka mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk menenangkan pikiran dan tertidur.

Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk aktivitas “Bed Rotting” adalah dengan mencari tempat yang nyaman di luar kamar tidur untuk melakukannya, setelah itu baru pergi ke tempat tidur saat waktu tidur.

Kaitan antara “Bed Rotting” dengan depresi

Menurut DeAngelis, orang-orang yang mengalami depresi klinis atau mengalami kecemasan mungkin menganggap aktivitas “Bed Rotting” adalah hal menarik. Sebab, orang dengan kondisi tersebut cenderung memiliki energi dan suasana hati yang rendah, serta kurangnya minat mereka pada aktivitas yang biasanya mereka nikmati.

Namun, “Bed Rotting” sendiri mungkin tidak memperbaiki gejala depresi atau kecemasan yang dialami seseorang.

"Ketika kita melakukan “Bed Rotting,” kita cenderung tetap dalam kondisi pikiran yang sama, seperti sebelum ‘Bed Rotting,’" kata DeAngelis.

Faktanya, melakukan lebih sedikit aktivitas hanya dapat memicu siklus depresi atau kecemasan. “Bed Rotting” dapat dimulai sebagai perawatan diri untuk beristirahat, tetapi kemudian berubah menjadi aktivitas yang kurang produktif atau menyenangkan karena lebih banyak menghabiskan waktu di media sosial.

Selain itu, “Bed Rotting” dapat menyebabkan masalah tidur, lebih banyak isolasi sosial, dan menyebabkan lebih banyak depresi. Untuk memutus siklus tersebut, menjadi lebih aktif meningkatkan suasana hati dan motivasi terhadap seseorang.

Cara melakukan “Bed Rotting” dengan aman

Untuk melakukan “Bed Rotting,” penting untuk melakukannya sesehat dan seaman mungkin. Cobalah menghabiskan waktu istirahat dengan melakukan aktivitas yang terbukti menyenangkan, seperti membaca, bermeditasi, membuat jurnal, atau yoga ringan.

Hal tersebut lebih baik dilakukan, dibandingkan melakukan hal lain yang pada akhirnya dapat meningkatkan kecemasan atau ketidakpuasan. Selain itu, tetapkan batasan waktu “Bed Rotting” untuk mencegah durasi tidur yang terlalu lama.

“Letakkan pengatur waktu di ponsel Anda untuk membantu memberi sinyal dan memberi isyarat kepada Anda bahwa sudah waktunya untuk beralih ke aktivitas lain. Beberapa orang bahkan mungkin tidak menyadari berapa jam yang mereka habiskan di siang hari untuk ‘Bed Rotting” ketika mereka tersesat di depan layar mereka,” kata DeAngelis.

Sementara itu, penting untuk diketahui bahwa “Bed Rotting” dapat memberikan kelegaan sementara. Jangan sampai “Bed Rotting” malah menjadi kebiasaan sehari-hari, dan “Bed Rotting” tidak boleh digunakan sebagai pengobatan lini pertama untuk mengatasi kelelahan, kelelahan, atau depresi.

“Sementara ‘Bed Rotting’ dapat memberikan kelonggaran dari tekanan kehidupan modern, penting untuk mendekatinya dengan kesadaran dan niat. Jika itu menjadi kebiasaan atau jika Anda melihat tanda-tanda depresi, sangat penting untuk mencari bantuan profesional,” kata Sultan.

Baca juga: Hati-hati, varises mengintai "kaum rebahan"

Baca juga: Aturan aktivitas fisik yang baik

Baca juga: Tanda Anda kurang gerak, sering lelah hingga mudah lupa

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023