Semarang (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang memprediksi tingkat keterisian penumpang KA meningkat sekitar 20 persen seiring libur panjang akhir pekan ini.

"Untuk tanggal 31 Maret 2013, seluruh tiket KA dari Semarang jurusan Jakarta dan Bandung sekarang ini sudah habis terjual," kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Surono, di Semarang, Kamis.

Jumlah penumpang KA di wilayah Daops IV Semarang, kata dia, rata-rata 3.000 orang/hari, sementara pada libur bertepatan dengan Hari Paskah 2013 diperkirakan mencapai 3.600 orang, atau naik 20 persen.

Ia menyebutkan KA jurusan Semarang-Jakarta dari berbagai kelas, antara lain KA Argo Sindoro, KA Argo Muria, KA Menoreh, KA Fajar Utama, KA Tawang Jaya ekonomi.

Untuk jurusan Tegal-Jakarta, kata dia, KA Cirebon Ekspres dan KA Tegal Arum, sementara jurusan Semarang-Bandung yakni KA Harina. Seluruh tiket KA tersebut untuk tanggal 31 Maret 2013 sudah ludes terjual.

"Khusus KA Harina jurusan Semarang-Surabaya, untuk tanggal 31 Maret 2013 juga sudah habis. Tetapi, calon penumpang yang akan ke Surabaya bisa menyiasati dengan KA-KA terusan dari Jakarta-Surabaya," katanya.

Namun, kata dia, tiket KA ke jurusan Jakarta, Bandung, dan Surabaya untuk tanggal 29 dan 30 Maret 2013 masih tersisa sekitar 40 persen sehingga para calon penumpang segera memesan atau membelinya.

"Sekarang memang masih tersisa sekitar 40 persen untuk pemberangkatan tanggal 29-30 Maret 2013. Namun, kemungkinan juga segera habis terjual menyusul libur panjang Paskah tahun ini," kata Surono.

Berkaitan dengan lonjakan penumpang pada libur panjang bertepatan peringatan Kenaikan Isa Al Masih itu, ia mengatakan PT KAI Semarang telah menyiapkan tambahan satu gerbong untuk sejumlah KA jarak jauh.

"Kami tambah satu gerbong untuk KA Argo Muria, KA Argo Sindoro, KA Menoreh, dan KA Fajar Utama. Ini untuk mengantisipasi arus balik penumpang pada akhir pekan ini, khususnya pada Minggu (31/3)," katanya.
(KR-ZLS)

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013