Tidak dapat dipungkiri berbagai acara dan program penyiaran yang ditayangkan oleh media penyiaran berdampak dan berkontribusi membentuk karakter anak
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mendorong agar industri penyiaran di Indonesia dapat terus berkarya menghasilkan program-program anak yang berkualitas.

"Saya mengajak industri penyiaran untuk terus berkarya, menghasilkan program-program anak berkualitas agar menjadi siaran yang sehat bagi anak. Mari kita selamatkan generasi penerus bangsa dengan tidak membiarkan mereka terpapar dengan tayangan negatif yang mengandung unsur kekerasan, pornografi, radikalisme, yang akan mempengaruhi kecerdasan, perilaku, dan kepribadian anak," kata Bintang dalam keterangan, di Jakarta, Sabtu.

Hal itu disampaikan-nya pada acara Anugerah Penyiaran Ramah Anak Tahun 2023.

Dikatakannya, Undang-Undang Perlindungan Anak memberikan mandat kepada pemerintah untuk mengupayakan dan membantu anak agar anak dapat menerima informasi lisan atau tertulis sesuai dengan tahapan usia dan perkembangannya.

Media penyiaran memiliki peran strategis dalam tumbuh kembang anak.

Baca juga: Siaran TV digital akan dilengkapi fitur ramah anak

Baca juga: KPI dan KPPPA bentuk rencana aksi siaran ramah anak dan perempuan


"Tidak dapat dipungkiri berbagai acara dan program penyiaran yang ditayangkan oleh media penyiaran berdampak dan berkontribusi membentuk karakter anak," tuturnya.

Menteri Bintang Puspayoga mengatakan bahwa dalam upaya melindungi anak-anak Indonesia, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, sehingga dibutuhkan sinergi dan kolaborasi bersama antara pemerintah, masyarakat, akademisi, dunia usaha, termasuk media massa.

"Semua pihak harus ikut berkontribusi menciptakan lingkungan yang lebih positif dan kondusif untuk anak-anak kita, agar mereka dapat tumbuh berkembang dengan maksimal dan bahagia. Mari terus tebar hal-hal positif melalui tayangan dengan pesan-pesan berkualitas, sehingga akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Indonesia," ujarnya.

Baca juga: KPI dan KPPPA teken MoU perlindungan perempuan dan anak pada penyiaran

Menteri PPPA pun mengapresiasi Komisi Penyiaran Indonesia atas komitmennya dalam melindungi dan memenuhi hak anak Indonesia untuk mendapatkan informasi yang layak anak.

Pihaknya juga mengapresiasi program-program penyiaran yang terpilih menerima penghargaan Anugerah Penyiaran Ramah Anak Tahun 2023.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023