Jakarta (ANTARA) - Sekolah Citra Kasih CitraGarden Jakarta menekankan pentingnya pemberdayaan potensi unik para siswa agar tidak hanya mengembangkan kompetensi akademik melainkan juga non-akademik.

“Peserta didik di Sekolah Citra Kasih tidak saja dibentuk untuk memiliki kompetensi dalam hal akademik dan non-akademik,” kata Head of School Jovita Widjaja dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Jovita menuturkan kompetensi non-akademik yang ingin dikembangkan oleh sekolah mencakup keterampilan entrepreneurship, sehingga memiliki pola pikir dan karakter yang tangguh serta inovatif.

Baca juga: Guru BK bantu siswa pahami potensi diri dan bantu atasi masalah mental

Sejumlah program unggulan dari Sekolah Citra Kasih berhasil menjadi sarana bagi peserta didik mengembangkan diri, antara lain Program of Entrepreneurship dan pendidikan finansial melalui Aflatoun.

Selain itu, juga ada program positive efucation dari Finlandia, Alfa and friends, Program of Computation Thingking and Coding, Gifted Class, serta Self Development Challenge.

Sementara itu, program inovasi lain telah disiapkan untuk tahun ajaran 2023/2024, seperti bekerja sama dengan Pearson Education Limited untuk kurikulum nursery dan kindergarten.

Kemudian, students performance tracing sebagai upaya memantau performa belajar secara akurat dan praktis dan Program of STEAM and (Environment) Sustainabiliry.

Baca juga: Mendikbudristek khawatirkan potensi "learning loss" pada siswa

“Kami juga memiliki personalized learning pada pelajaran matematika serta bahasa Inggris di junior dan senior high schooll,” kata Jovita.

Berbagai upaya tersebut dilakukan, karena Sekolah Citra Kasih meyakini pentingnya memberdayakan potensi unik setiap individu, memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang kokoh, serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif.

Sebagai buah dari komitmen sekolah dengan kolaborasi bersama orang tua, Sekolah Citra Kasih di unit SMA pada tahun ajaran 2022/2023 berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan lulusan yang diterima di berbagai universitas berkualitas di dalam dan luar negeri.

Untuk pendaftaran tahun ajaran 2024/2025, Sekolah Citra Kasih juga memberikan harga khusus potongan DPP (uang pangkal) sebesar 75 persen bagi peserta didik baru yang mendaftar untuk tahun ajaran mendatang.

Baca juga: Dirjen ingatkan potensi kekerasan pada ekstrakurikuler sekolah

“Promo terbatas tersebut, hanya berlangsung hingga Kamis, 10 Agustus 2023. Kami mengajak orang tua untuk mendaftarkan anak mereka di Sekolah Citra Kasih,” ujar Jovita.

Penekanan Sekolah Citra Kasih terhadap pengembangan keunikan masing-masing siswa sejalan dengan terobosan transformasi pendidikan Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim melalui Kurikulum Merdeka.

Baca juga: UT Yogyakarta gali potensi siswa SMA melalui lomba

Kurikulum Merdeka mengurangi konten pembelajaran sebanyak 30 persen sampai 40 persen guna menekankan pada pembelajaran yang mendalam dan mengalokasikan 20 persen untuk pembelajaran berbasis projek.

"Tiga terobosan besar digerakkan melalui Merdeka Belajar, termasuk mengembangkan kompetensi individu siswa," kata Nadiem.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023