BOLIVIA MENJADI HOST EVENT   REKO DUNIA KECEPATAN DARAT

Uyuni, Bolivia, (ANTARA/PRNewswire)- Beberapa kendaraan tercepat di dunia akan berkumpul di danau garam terbesar di bumi (16-21 Agustus 2023) dalam upaya untuk melampaui batas kecepatan dan daya tahan demi mencetak rekor dunia kecepatan di darat. Salar de Uyuni sekali lagi akan menjadi tuan rumah TOP 1 Oil Bolivia Speed Trials.



Salar de Uyuni memiliki luas lebih dari 10.000 kilometer persegi (hampir 4.000 mil persegi) dengan dataran garam setebal 10 meter, menjadikannya lokasi ideal untuk mengejar rekor kecepatan darat. Jalur di Bolivia Speed Trials sepanjang 24 km (15 mil) dan lebar 33 meter (110 kaki), adalah panggung utama bagi pembalap yang membutuhkan trek lebih panjang dari Utah's Bonneville Salt Flats.

Acara ini akan disetujui oleh FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) dan FIA (Federation Internationale de l'Automobile).

Tim TOP 1 Oil Ack Attack Mike Akatiff akan kembali ke Salar de Uyuni. Ack Attack saat ini masih memegang Rekor Dunia Kecepatan Darat FIM untuk roda dua sepanjang masa yaitu 376,363 mph (605,697 km/h), ditetapkan di Bonneville Salt Flats pada tahun 2010 dengan Rocky Robinson sebagai pengendara. Sejak saat itu, tim ini telah berupaya untuk dapat melewati batas 400-mph (643 km/h). Akatiff, penyelenggara TOP 1 Oil Bolivia Speed Trials 2023, dan Robinson akan kembali mencoba memecahkan rekor dengan sepeda motor (streamliner) bertenaga turbo-charged twin-Hayabusa pada bulan Agustus.

Ada total sembilan tim balap yang telah mendaftar hingga saat ini (7 sepeda motor dan 2 mobil) termasuk Al Lamb – yang pertama kali mencatat rekor dunia kecepatan darat di Salar de Uyuni pada tahun 2017. (Pada saat itu, sebagai Sepeda motor duduk tercepat yang pernah ada dengan kecepatan 265,849 mph).

TOP1 Oil Products Company adalah perusahaan pelumas yang berbasis di California yang berspesialisasi dalam penyediaan pelumas sintetik unggul untuk sepeda motor, mobil, dan truk di seluruh dunia. TOP1 telah dikaitkan dengan balap kecepatan untuk kendaraan darat di seluruh dunia dan upaya rekor dunia dengan sepeda motor, mobil, dan truk selama lebih dari 4 dekade.

TOP 1 Oil Bolivia Land Speed Trials akan menunjukkan komitmen perusahaan terhadap inovasi dan dukungan atas upaya melampaui batas yang dapat diraih dan memperkuat pentingnya pelumasan berkualitas demi mencapai kinerja luar biasa dalam bidang motorsport. Upaya ambisius ini adalah sebagai inspirasi bagi para pecinta kecepatan untuk dapat melampaui batas dan mendobrak penghalang.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023