Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta fokus menyelesaikan pembebasan lahan di tiga wilayah di sepanjang proyek normalisasi Kali Ciliwung agar selesai pada 2024.
 
"Pokoknya kita sampai 2024 fokus dulu di Cililitan, Rawajati, sama Cawang," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum di Sodetan Ciliwung, Jakarta Timur, Senin.
 
Pembebasan lahan ini dilakukan untuk membangun turap atau beton pembatas di sepanjang sisi sungai untuk menahan debit air.
 
Proyek normalisasi Kali Ciliwung ini juga menjadi proyek pembangunan prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bersama pemerintah pusat yang dilakukan bertahap.
 
"(Targetnya) Rawajati itu 2023, Cililitan 2023, Cawang 2024," kata Ika.

Baca juga: Heru: Sodetan Ciliwung inisiasi Jokowi pada 2012 untuk atasi banjir
 
Selain itu, Pemprov DKI Jakarta bertanggung jawab mengenai persoalan lahan bersama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang ATR/Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Ika juga mengungkapkan terkait pembebasan lahan di wilayah Rawajati, Jakarta Selatan.
"Minggu ini kita konsinyering, sudah terjadi kesepakatan," katanya.

Begitu juga terkait dengan warga yang tidak memiliki alas hak berdasarkan aturan Kementerian ATR/BPN sudah ada di pasal 52 ayat 3B. "Nah itu kemarin sudah, ini tinggal mulai berjalannya," katanya.
 
Ika mengatakan, pembebasan proyek sodetan Ciliwung merupakan wewenang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sedangkan pembebasan lahan proyek normalisasi Kali Ciliwung menjadi tugas Pemprov DKI Jakarta.
 
"Kalau dinormalisasi Ciliwung pembebasan lahannya Pemprov DKI, fisiknya kementerian. Kalau di sodetan Provinsi DKI cuma koordinasi, penetapan lokasi, nah tapi pembebasan lahan dan fisiknya ada di kementerian," kata Ika.

Baca juga: Jokowi: Pemprov sempat tak tuntaskan pembebasan lahan sodetan Ciliwung
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan proyek sodetan Kali Ciliwung merupakan inisiasi Presiden Joko Widodo pada 2012 saat menjabat sebagai Gubernur DKI untuk mengatasi banjir di Ibu Kota.
 
"Kami sedikit sampaikan bahwa ini adalah inisiasi pada tahun 2012 saat Pak Presiden menjadi Gubernur DKI Jakarta," kata Heru dalam sambutan peresmian Sodetan Ciliwung di Inlet Sodetan Ciliwung Jatinegara, Jakarta Timur, Senin.
 
Heru mengungkapkan, saat itu (2012) terjadi banjir di DKI Jakarta. "Beliau sebagai gubernur, hal ini dilanjutkan sampai hari ini," kata Heru.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023