saat ini menjadi 120 persen, dengan rincian 100 persen dengan tempat duduk dan 20 persen tiket tanpa tempat duduk
Surabaya (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Commuter menerapkan penyesuaian aturan kapasitas dinamis pada perjalanan commuter line di Wilayah 8 Surabaya, untuk pelayanan angkutan kereta api kelas ekonomi mulai 1 Agustus 2023.

VP Corporate Secreatary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya di Surabaya, Senin, mengatakan kebijakan tersebut sesuai dengan Surat dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan No.M.006/3/9/K2//DJKA/2023 Tanggal 17 Juli 2023, tentang Penyesuaian Kapasitas Penumpang.

"KAI Commuter menyesuaikan kapasitas dinamis pada 16 pelayanan perjalanan Commuter Line wilayah atau KA Lokal yang ada di Wilayah 2 Bandung dan Wilayah 8 Surabaya," katanya.

Khusus Wilayah 8 Surabaya, lanjutnya, yaitu 401 Commuter Line Dhoho Blitar-Surabaya Kota (Via Kertosono), 403 Commuter Line Dhoho Blitar-Surabaya Kota (Via Kertosono), 417 Commuter Line Dhoho Surabaya Kota-Blitar (Via Kertosono).

Selain itu 419 Commuter Line Dhoho Surabaya Kota-Blitar (Via Kertosono), 432 Commuter Line Penataran Blitar-Surabaya Kota (Via Malang) dan 437 Commuter Line Penataran Blitar-Surabaya Kota (Via Malang).

Kemudian, 411 CL Dhoho CL Penataran Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya, 413 CL Dhoho CL Penataran Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya, 415 CL Dhoho CL Penataran Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya.

Baca juga: PT KAI memutuskan Stasiun Blitar bukan lagi stasiun transit

Baca juga: KAI komuter layani ribuan penumpang khusus di Stasiun Blitar


Juga 431 CL Dhoho CL Penataran Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya, 433 CL Dhoho CL Penataran Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya dan 435 CL Dhoho CL Penataran Surabaya-Kertosono-Blitar-Malang-Surabaya.

Selanjutnya, 440 Commuter Line Blorasura Cepu-Surabaya Pasar Turi, 441 Commuter Line Blorasura Surabaya Pasar Turi-Blora, 442 Commuter Line Blorasura Cepu-Surabaya Pasar Turi dan 443 Commuter Line Blorasura Surabaya Pasar Turi-Blora.

Menurut Anne, penyesuaian kapasitas dinamis tersebut diterapkan pada perjalanan commuter line yang memiliki jarak tempuh perjalanan lebih dari 100 km dan menggunakan sarana kereta kelas ekonomi (K3).

Sebelumnya, lanjutnya, aturan kapasitas dinamis yang berlaku adalah 150 persen dari jumlah tempat duduk yang tersedia.

"Rinciannya, 100 persen dengan tempat duduk dan 50 persen tiket tanpa tempat duduk, saat ini menjadi 120 persen, dengan rincian 100 persen dengan tempat duduk dan 20 persen tiket tanpa tempat duduk," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya juga memberikan kemudahan kepada seluruh pengguna dalam melakukan pembelian dan pemesanan tiket Commuter Line wilayah melalui aplikasi KAI Access.

"Pengguna bisa memesan tiket mulai tujuh hari sebelum hari pemberangkatan dengan memasukkan data-data yang sesuai dengan identitas diri," tuturnya.

Tak hanya itu, dalam hal standar layanan yang diberikan, pihaknya tetap memberikan standar layanan yang sama dengan layanan Commuter Line Jabodetabek yang sudah berhasil diterapkan.

"Kami senantiasa berharap dan berupaya maksimal agar kehadiran KAI Commuter memberi dampak positif dan menjadi solusi layanan transportasi di setiap tempat dimana kami hadir," kata Anne.

Baca juga: PT KAI aktifkan layanan kereta komuter di Blitar mulai 1 Juni 2023

Baca juga: KAI Purwokerto tawarkan layanan angkutan rombongan


 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023