Jeddah, Arab Saudi (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Hissein Brahim Taha telah menerima telepon dari Menteri Luar Negeri Denmark Lars Lokke Rasmussen yang membahas antara lain soal insiden pembakaran Al Quran.

Selama pembicaraan melalui sambungan telepon itu, Sekjen Hissein menyatakan keprihatinan negara-negara anggota OKI mengenai kerap berulangnya insiden yang tidak menghormati kitab suci Al Quran dan simbol-simbol Islam, yang semuanya dilakukan atas nama kebebasan berekspresi.

Selain itu, dia menyerukan kepada otoritas Denmark untuk mengambil langkah yang diperlukan guna mencegah kejadian seperti itu terulang.

Sementara itu, Menlu Denmark menyatakan pemerintah negaranya telah mengutuk dan mencela ketidakhormatan terhadap Al-Quran.

Pemerintah Denmark juga menyatakan ketidaksetujuan mereka yang kuat atas tindakan tersebut, lanjutnya.

Menteri Rasmussen menambahkan bahwa Pemerintah Denmark sedang secara seksama mengkaji permasalahan itu dengan penuh perhatian.

Rasmussen pun menekankan komitmen Denmark dalam menjaga hubungan bersahabat dan kerja sama dengan negara-negara anggota OKI.

Sumber: Saudi Press Agency

Baca juga: Turki harapkan 'langkah nyata' Swedia atas serangan Quran

Baca juga: Resolusi PBB dan upaya melawan Islamofobia

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023