Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkomitmen mendukung percepatan transformasi digital di Provinsi Riau khususnya dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai talenta digital unggul.

"Pokoknya kita support Riau. Riau, Kepri itu harus. Targetnya Riau Digital. Makin digital, makin maju," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat menerima kunjungan Gubernur Riau Syamsuar, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin. 

Budi menilai Riau merupakan salah satu provinsi yang kaya akan sumber daya alam (SDA) maka dari itu dibutuhkan SDM unggul termasuk dalam digitalisasi untuk bisa mengembangkan serta memanfaatkan potensi SDA tersebut dengan optimal.

Baca juga: Pakar komunikasi: Budaya digital optimalkan transformasi digital

Lebih lanjut Budi berpendapat pengembangan SDM memiliki arti penting agar masyarakat dapat memanfaatkan potensi dunia digital untuk mendukung kemajuan ekonomi di daerahnya seperti melalui UMKM. 

Salah satu dukungan percepatan transformasi digital di Provinsi Riau dari Kemenkominfo ialah dengan mendukung SDM agar bisa mengikuti salah satu program Literasi Digital dari Kemenkominfo di tingkat menengah yaitu Digital Talents Scholarship.

“Kominfo tidak hanya mendukung melalui penyediaan infrastruktur digital tetapi juga pengembangan sumberdaya manusia. Ada Digital Talent Scholarship (DTS) yang dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM," kata Budi.

Selain Menkominfo, hadir juga Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kemenkominfo Hary Budiarto dalam pertemuan tersebut.

Baca juga: Kemenkominfo ajak industri aktif majukan ekosistem IoT lewat ISSS 2023

Ia menyatakan kesiapan Kemenkominfo untuk dapat mendukung dan melaksanakan berbagai pelatihan guna mencetak talenta digital di Riau. 

Menurutnya, perkembangan infrastruktur digital perlu juga diimbangi dengan pengembangan SDM digital yang memadai di struktur Pemerintah.

Untuk itu pihaknya mengenalkan Digital Leadership Academy sebagai langkah melatih secara digital para pemimpin termasuk dari lini Pemerintah untuk memiliki pola pikir yang mendukung transformasi digital.

“Kami ada Digital Leadership Academy. Kami juga ada beasiswa untuk para ASN yang mau melanjutkan S2 baik di luar negeri maupun dalam negeri,” kata Hary Budiarto.

Baca juga: Menkominfo ajak Kemendes PDTT kolaborasi percepat digitalisasi desa

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023