Lebih dalam lagi guna menjadi bagian dari solusi keseharian kegiatan masyarakat Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak para pelaku industri yang membangun ekosistem Internet of Things (IoT) di Indonesia bisa semakin aktif berkarya dan memamerkannya dalam Indonesia Smart Solutions Summit (ISSS) 2023.

Ajang ISSS menjadi kegiatan yang dikerjakan Kemenkominfo bekerja sama dengan Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) dan bertujuan menantang inovator dalam negeri untuk menciptakan solusi pintar di banyak sektor berbasis IoT.

"Diharapkan produk-produk berbasis teknologi karya anak bangsa dapat terus tercipta dan berkembang serta mampu bersaing secara global,” kata Direktur Jendral Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kemenkominfo Ismail dalam keterangannya, Jumat.

Baca juga: Universitas Brawijaya kembangkan sistem IoT mitigasi bencana di Semeru

Sebagai forum bersama untuk mendorong pengembangan dan implementasi teknologi IoT yang terintegrasi dengan AI, ISSS 2023 akan dimulai dengan kegiatan roadshow.

Bertajuk "Road to Indonesia Smart Solutions Summit 2023", penyelenggara ISSS 2023 siap menyambangi tiga kota besar yakni Semarang, Bandung, dan Malang. Selanjutnya acara puncak ISSS 2023 akan diselenggarakan di Jakarta pada 1 November 2023.

Beragam aktivitas menarik seperti pameran produk IoT terkini, diskusi panel, pertemuan komunitas dan industri, pemberian apresiasi, dan peluncuran katalog Digital Indonesia Smart Solution akan berlangsung selama puncak acara.

Ketua Umum ASIOTI Teguh Prasetya mengatakan ISSS 2023 menghadirkan akan menghadirkan seluruh stakeholder bersama dari ekosistem IoT untuk mengenalkan lebih dekat pemanfaatan serta adopsi solusi pintar berbasis IoT, cloud, dan artificial intelligence IoT (AIOT).

"Lebih dalam lagi guna menjadi bagian dari solusi keseharian kegiatan masyarakat Indonesia,” kata Teguh.

Baca juga: Telkomsel tegaskan komitmen dukung Industri 4.0 di forum TIWG G20

Puncak ISSS 2023 mengambil tema “Unleashing the Power of Digital Transformation" membawa harapan acara pameran serta konferensi tersebut bisa lebih berkontribusi mengembangkan dan menciptakan inovasi untuk pengembangan transformasi digital berbasis IoT.

Sebelum hadirnya ISSS 2023, Kemenkominfo telah lama menjalin kerja sama dengan ASIOTI sejak 2018.

Dimulai dari acara IoT Makers pada 2018 s.d. 2019 bertujuan mengenalkan dan mensosialiasikan industri baru ini di Indonesia.

Lalu kerja sama itu berlanjut lewat ajang IoT Creations pada tahun 2020 s.d. 2022 mengajak para pelaku industri untuk membuat standardisasi level pemula hingga engineer IoT.

Tidak berhenti sampai di situ Kemenkominfo dan ASIOTI juga mengajak pelaku industri untuk ikut dalam program pendampingan hingga mengikuti sertifikasi perangkat IoT-nya.

Baca juga: Sebanyak 13 negara ikuti Olimpiade Internasional IoT

Baca juga: Guru Besar UI: Implementasi internet kunci pendukung kemajuan ritel RI

Baca juga: Telkom hadirkan teknologi "IoT Smart Poultry Farming System"
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023