Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan menyampaikan pengembangan kerja sama industri penerbangan RI-China akan mendukung konektivitas secara maksimal di Indonesia, ASEAN, dan kawasan yang lebih luas, termasuk Asia Pasifik.

"Harapannya kerja sama ini akan berkembang dan saling menguntungkan untuk membangun sektor aviasi di Indonesia," ujar Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi dalam sambutannya pada acara pembukaan Kantor Shanghai Aiscraft Customer Service (SACSC), Perwakilan Asia Tenggara di Jakarta, Senin.

Menurut Anwar Sanusi, Indonesia sebagai salah satu pasar ekonomi terbesar, berpotensi menjadi pasar penerbangan sipil yang berkembang pesat di dunia.

Indonesia, lanjutnya, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.508 pulau dan memiliki penduduk terpadat keempat di dunia, juga cocok untuk pengoperasian pesawat regional.

"Atas nama Kemnaker, saya sangat berharap melalui kerja sama industri penerbangan ini akan semakin mencerahkan pengembangan kerja sama dengan Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC), dan industri penerbangan sipil China, serta dapat menjadikan Indonesia sebagai hub di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik," katanya.

Baca juga: Pertemuan bilateral Jokowi-Xi Jinping hasilkan delapan kesepakatan
Baca juga: RI dan Guinea jajaki kerja sama di bidang penerbangan

Anwar Sanusi menambahkan hadirnya industri pesawat-pesawat yang dihasilkan COMAC akan memberikan peluang luar biasa bagi serapan tenaga kerja Indonesia untuk bekerja di jasa penerbangan yang dioperasikan dari produk-produk COMAC.

"Saya berharap kerja sama ini akan menyerap lebih banyak tenaga kerja di sektor penerbangan di Indonesia, untuk itu Kemnaker RI siap mendukung kerja sama strategis ini guna memperkuat pengembangan SDM," tuturnya.

Anwar Sanusi berharap melalui kerja sama industri penerbangan ini akan semakin mencerahkan pengembangan kerja sama dengan COMAC dan industri penerbangan sipil Tiongkok, serta dapat menjadikan Indonesia sebagai hub di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik.

"Kami percaya pesawat ARJ21 mampu berkompetisi dengan mengutamakan kualitas pelayanan di dunia aviasi saat ini yang berkembang pesat di Indonesia dan Asia Tenggara, serta mampu memberikan pilihan perjalanan udara yang berkualitas tinggi," katanya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023