Beijing (ANTARA) - Pusat Meteorologi Nasional (National Meteorological Center/NMC) China pada Selasa (1/8) mengeluarkan peringatan kuning untuk angin kencang, saat Topan Khanun mendekati wilayah China timur.

Dari Selasa pukul 08.00 hingga Rabu (2/8) pukul 08.00 waktu setempat, angin kencang dengan kecepatan 50 hingga 74 kilometer per jam diperkirakan terjadi di bagian timur Laut Timur, kawasan di sebelah timur pulau Taiwan di China, Selat Bashi, dan bagian barat daya Laut China Selatan, dengan embusan angin melebihi 100 kilometer per jam.

Area tenggara Laut Timur berpotensi mengalami angin kencang dengan kecepatan 75 hingga 134 kilometer per jam, sementara area yang dilanda Topan Khanun dapat mengalami embusan angin hingga 220 kilometer per jam, menurut NMC.

Otoritas mengeluarkan peringatan untuk semua kapal dan personel yang berlayar serta beroperasi di wilayah laut yang dilanda angin kencang, mendesak mereka segera kembali ke pelabuhan demi keselamatan.

Departemen terkait juga telah dipanggil untuk memperkuat fasilitas pelabuhan dan memastikan persiapan yang saksama guna mengatasi kondisi cuaca ekstrem.

China memiliki sistem peringatan cuaca berkode warna empat tingkat untuk angin kencang, yaitu warna merah mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh oranye, kuning, dan biru. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023