Yen Jepang kira-kira 0,1 persen lebih kuat pada 143,21 per dolar, memangkas beberapa kenaikan sebelumnya pagi ini
Singapura (ANTARA) - Dolar berjuang untuk membuat kemajuan di awal sesi Asia pada Rabu pagi, setelah pemotongan peringkat kredit pemerintah AS oleh Fitch menimbulkan pertanyaan tentang prospek fiskal negara itu, meskipun mendapat beberapa dukungan dari data ekonomi yang relatif tangguh.

Lembaga pemeringkat Fitch pada Selasa (1/8/2023) menurunkan peringkat Amerika Serikat menjadi AA+ dari AAA dalam sebuah langkah yang menarik tanggapan marah dari Gedung Putih dan mengejutkan investor, meskipun ada penyelesaian krisis plafon utang dua bulan lalu.

Itu mendorong greenback lebih rendah, mengangkat euro menuju 1,10 dolar AS. Mata uang tunggal terakhir 0,11 persen lebih tinggi di 1,0996 dolar, setelah sebelumnya menyentuh tertinggi sesi di 1,1020 dolar.

Sterling juga naik 0,05 persen menjadi 1,2782 dolar, sementara indeks dolar AS terakhir 0,09 persen lebih tinggi pada 102,09, setelah tergelincir secara luas setelah berita Fitch.

"Kami tidak berpikir keputusan Fitch adalah material. Tentu saja, kami telah melihat pasar bergerak sedikit pagi ini ... tetapi dalam waktu dekat, saya tidak berpikir itu akan menjadi pendorong yang lebih tahan lama," kata Rodrigo Catril, ahli strategi mata uang senior di National Australia Bank (NAB), dikutip dari Reuters.

Dolar juga didukung oleh data ekonomi pada Selasa (1/8/2023) yang menunjukkan lowongan kerja AS tetap pada level yang konsisten dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ketat, bahkan saat jatuh ke level terendah dalam lebih dari dua tahun pada Juni.

Sebuah laporan terpisah menyatakan manufaktur AS mungkin stabil pada level yang lebih lemah pada Juli di tengah peningkatan bertahap dalam pesanan baru, meskipun lapangan kerja pabrik turun ke level terendah dalam tiga tahun.

Di tempat lain, yen Jepang kira-kira 0,1 persen lebih kuat pada 143,21 per dolar, memangkas beberapa kenaikan sebelumnya pagi ini.

Risalah pertemuan kebijakan Juni Bank Sentral Jepang (BoJ) yang dirilis Rabu pagi menunjukkan bahwa dewan menyetujui perlunya mempertahankan kebijakan ultra-longgar untuk saat ini.

Yen telah melihat penurunan tiga sesi berturut-turut sejak keputusan kebijakan BoJ pada Jumat (28/7/2023) untuk melonggarkan cengkeramannya pada suku bunga, karena pedagang masih mencoba untuk menilai implikasi dari langkah tersebut.

"Saya pikir pasar masih mencoba memahami apa arti semua ini," kata Catril dari NAB.

Dolar Australia naik 0,12 persen menjadi 0,6621 dolar AS, membalikkan penurunan tajam 1,57 persen di sesi sebelumnya setelah Bank Sentral Australia (RBA) pada Selasa (1/8/2023) mempertahankan suku bunga stabil dan mengisyaratkan bahwa pengetatan mungkin akan dilakukan.

"Itu akan mengirim pesan yang membingungkan jika RBA naik... mengingat inflasi rata-rata yang dipangkas memenuhi perkiraan Juni mereka dan perdagangan ritel turun menjelang keputusan," kata Matt Simpson, analis pasar senior di City Index.

Dolar Selandia Baru turun 0,23 persen menjadi 0,6136 dolar AS, setelah data pada Rabu menunjukkan tingkat pengangguran negara itu mencapai tertinggi dua tahun pada kuartal kedua.

Baca juga: Yuan tergelincir 85 basis poin menjadi 7,1368 terhadap dolar AS
Baca juga: Dolar menguat didukung data ekonomi AS yang solid
Baca juga: Yen di terendah 3 minggu, Aussie jatuh setelah RBA tahan suku bunga

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023