Kontes burung berkicau dan pameran tu diikuti dari Sumatera Barat, Sumatera Utara dan beberapa perwakilan kabupaten serta kota di Aceh,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Sebanyak 700 ekor burung dari berbagai daerah di Pulau Sumatera mengikuti kontes berkicau di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu.

"Kontes burung berkicau dan pameran tu diikuti dari Sumatera Barat, Sumatera Utara dan beberapa perwakilan kabupaten serta kota di Aceh," kata Kabag humas dan protokol Sekdakab Aceh Tengah Mustafa Kamal di Takengon, Minggu malam.

Panitia pelaksana kegiatan Andi Hidayat mengatakan, animo menyaksikan kontes burung berkicau di daerah berhawa dingin itu cukup besar.

Kontes yang terdiri dari 17 kelas tersebut memperebutkan total hadiah sebesar Rp90 juta berasal dari Pemda setempat serta beberapa sponsor.

"Terima kasih kami kepada bapak Bupati Aceh Tengah beserta para sponsor lainnya, sehingga pameran dan kontes burung berkicau dapat terlaksana dengan baik," katanya menjelaskan.

Andi juga mengharapkan adanya kompetisi reguler sehingga penggemar burung lebih bersemangat dan termotivasi untuk memelihara dan melatih burung yang mereka miliki.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Nasaruddin menilai positif kontes tersebut sebagai salah satu upaya pelestarian lingkungan, terutama satwa langka.

"Kita harapkan dengan maraknya kegiatan kontes burung, semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan lingkungan, terutama ekosistem burung," kata dia menjelaskan.

Ia juga mengatakan, pelaksanaan kontes yang dikemas dalam salah satu rangkaian kegiatan festival danau laut tawar itu dapat menjadi icon wisata, sehingga menjadi daya tarik dan nilai hiburan bagi masyarakat.

Kegemaran memelihara dan melatih burung, kata Nasaruddin juga dapat Menjadi alternatif sumber ekonomi bagi masyarakat, terutama dalam melakukan penangkaran.

"Beberapa burung yang ikut dalam kontes kali ini, bahkan ada yang bernilai atau memiliki harga hingga ratusan juta rupiah," kata bupati menjelaskan.

Pewarta: Azhari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013