Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan bahwa DPR RI mempersiapkan sebaik mungkin penyelenggaraan Sidang Umum Asean Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) Ke-44 yang rencananya digelar di Jakarta pada 5 hingga 11 Agustus 2023.

"SIUM (Sidang Umum) AIPA ini sejalan dengan Keketuaan Indonesia di KTT Asean. Penyelenggaraan ini sudah kita persiapkan jauh-jauh hari dan sebaik mungkin sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pimpinan DPR. Bahwa kita mempersiapkan bukan hanya substansi, tapi juga penyelenggaraan ini harus benar-benar dipersiapkan secara baik," kata Indra dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Hal itu disampaikan Indra Iskandar usai Rapat Koordinasi Panitia Pelaksana Penyelenggaraan Sidang Umum AIPA Ke-44 di Ruangan Abdul Muis, Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/8).

Dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Sidang Umum AIPA Ke-44, dia menyebut DPR melakukan evaluasi terhadap keberhasilan Indonesia dalam menggelar ajang internasional sebelumnya, seperti Sidang Umum Inter-Parliamentary Union (IPU) Ke-144 di Bali dan kegiatan 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) di Jakarta pada 2022 lalu.

"Kami selalu mengevaluasi dari semua pertemuan-pertemuan internasional, baik IPU yang di Bali tahun lalu maupun juga P-20,” ucapnya.

Baca juga: BKSAP DPR RI: Sidang Umum Ke-44 AIPA tekankan SDGs

Dia lantas menegaskan dukungan sekaligus harapan Sekretariat Jenderal DPR RI dalam penyelenggaraan Sidang Umum AIPA Ke-44 agar terselenggara dengan sukses.

"Tentu kami berharap penyelenggaraan persidangan dilaksanakan sebaik mungkin baik dari aspek teknisnya, dalam hal ini menjadi tanggung jawab DPR dan Sekretariat Jenderal memberi dukungan sehingga semua persidangan nanti bisa sesuai dengan harapan semua peserta," tuturnya.

Baca juga: Puan pastikan DPR siap jadi tuan rumah AIPA 2023

Sebelumnya, Jumat (21/7), Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan bahwa DPR siap menjadi tuan rumah Sidang Umum Parlemen se-Asia Tenggara atau ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) tahun 2023 dengan baik demi memperkuat reputasi Indonesia di mata dunia.

"Dengan kepercayaan ini, negara-negara di ASEAN bahkan di berbagai penjuru dunia akan semakin memperhitungkan Indonesia sebagai negara yang potensial dan dapat diandalkan untuk bekerja sama dalam berbagai bidang. Ini menjadi credit point bagi bangsa Indonesia untuk dipercaya di tingkat global," kata Puan.

Sidang Umum AIPA Ke- 44 yang mengusung tema Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN itu akan dihadiri ratusan delegasi dari 10 negara ASEAN, serta negara-negara observer dan perwakilan organisasi internasional lainnya.

Baca juga: Roro Esti: Sidang Umum AIPA bahas ekonomi hijau
Baca juga: KPP-RI sambut baik inisiatif DPR soal kuota perempuan dalam AIPA ke-44
Baca juga: BKSAP DPR RI: AIPA 2023 akan bahas lebih dari 35 draf resolusi

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023