Sidang kali ini mengangkat tema 'Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN' dengan beberapa isu strategis yang akan dibahas seperti ekonomi hijau, gender equality, kepemudaan, hingga perdamaian di Myanmar
Jakarta (ANTARA) - Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Dyah Roro Esti mengatakan Sidang Umum Ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Jakarta pada 5-11 Agustus 2023 akan membahas sejumlah isu strategis, yang salah satunya adalah ekonomi hijau.

"Sidang kali ini mengangkat tema 'Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN' dengan beberapa isu strategis yang akan dibahas seperti ekonomi hijau, gender equality, kepemudaan, hingga perdamaian di Myanmar," katanya dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Ia pun berharap ajang tersebut dapat menciptakan kolaborasi yang produktif dan menjaga stabilitas hubungan bilateral di antara negara-negara ASEAN.

Roro Esti menyampaikan dalam rangka menuju Sidang Umum Ke-44 AIPA, BKSAP DPR bersama Korpri DPR melaksanakan kegiatan Fun Run and Ride di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (28/7/2023).

Ia mengapresiasi seluruh pihak yang telah menginisiasi kegiatan Fun Run and Ride Road to the 44th General Assembly of AIPA tersebut.

Menurutnya, kegiatan bertajuk "BKSAP Gerak!" itu dapat membangun energi positif untuk dapat menyukseskan Sidang Umum Ke-44 AIPA nantinya.

"Senang sekali saya dapat ikut serta dalam kegiatan ini, tentu segala sesuatu hal perlu diawali dengan semangat dan sehat agar bisa produktif dalam mengemban amanah sebagai host country dari Sidang Ke-44 AIPA," kata Anggota Komisi VII DPR tersebut.

Ketua BKSAP DPR Fadli Zon mengatakan ajang Fun Run and Ride tersebut merupakan kick-off dalam rangka Road To The 44Th AIPA.

"Mudah-mudahan kegiatan ini memberi semangat bagi kita, karena kita akan menjalankan sidang umum yang penuh dengan diskusi dan debat dalam isu-isu ekonomi, sosial, budaya, politik dan kemudian yang parlementarians dan juga women parlementarians," jelas Fadli.

Kegiatan Fun Run and Ride diawali senam pagi kemudian lari dan bersepeda dengan jarak tiga kilometer, dilanjutkan dengan mengunjungi jajanan UMKM, dan hiburan dengan pembagian doorprize kepada peserta kegiatan.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana, Wakil Ketua Sukamta, dan Anggota Mulan Jameela.

Baca juga: BKSAP DPR RI: Sidang Umum Ke-44 AIPA tekankan SDGs
Baca juga: BKSAP DPR: Tujuan utama AIPA Ke-44 jaga stabilitas perdamaian ASEAN
Baca juga: Puan sampaikan lima rekomendasi AIPA untuk ASEAN stabil dan sejahtera

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023