Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (9/8), mulai dari ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) mengesahkan 30 resolusi untuk Asia Tenggara hingga Polri membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Money Politic menjelang Pemilu 2024.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Wapres tekankan pesantren punya peran cegah polarisasi saat pemilu

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan pondok pesantren memiliki peran untuk mencegah terjadinya polarisasi dalam masyarakat saat pemilihan umum.

Hal itu disampaikan Wapres dalam keterangannya di sela kunjungan kerja di Sumenep, Jawa Timur, Rabu, sebagaimana dipantau dalam tayangan video yang diterima di Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.


2. Presiden AIPA sahkan 30 resolusi untuk Asia Tenggara

Ketua DPR RI sekaligus Presiden ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) Puan Maharani mengesahkan 30 resolusi untuk Asia Tenggara.

"Berdasarkan Order of Business, Sidang Paripurna Kedua dalam rangkaian Sidang Umum Ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly kali ini memiliki tiga agenda utama," kata Puan saat membuka sidang paripurna AIPA di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.


3. Bawaslu bakal lakukan patroli pengawasan jelang Pemilu 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan melakukan pengawasan patroli yang sudah dilakukan sejak lama sebagai antisipasi dalam menghadapi tahapan Pemilu 2024.

Hal ini menyusul pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD terkait masih banyak politik uang di tubuh KPU saat penyelenggaraan pemilu.

Selengkapnya baca di sini.


4. Ketua MPR: Amendemen UUD dibahas setelah Pemilu 2024

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan rencana amendemen Undang-Undang Dasar (UUD) NRI Tahun 1945 akan dibahas setelah Pemilu 2024.

"Sangat tergantung pada kesepakatan kami, partai politik yang ada. Untuk sementara, kesepakatan adalah kami bahas nanti setelah pemilu," kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, setelah pertemuan antara pimpinan MPR RI dan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Polri bentuk Satgas Anti Money Politic

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Money Politic guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) saat pesta demokrasi Pemilu 2024 berlangsung.

"Polri juga akan membentuk Satgas Anti Money Politic," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho dalam acara di Dewan Pers, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023