Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Hang Nadim Batam menyebut sebanyak 11.459 haji telah tiba di Tanah Air yang tergabung dalam 31 kelompok terbang (kloter).

Kepala Bidang Dokumen PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam Nurhidayati di Batam, Rabu, mengatakan angka tersebut menyusul kedatangan jamaah haji kloter 31 sebanyak 369 orang melalui Bandara Hang Nadim Batam pada Rabu, (2/8) sekitar pukul 12.10 WIB.

"Alhamdulillah sudah 11.459 haji yang kembali ke daerahnya masing-masing. Alhamdulillah, perjalanan kembali berlangsung dengan lancar dan tersisa tiga kloter lagi," kata Nurhidayati.

Baca juga: 8.137 haji Debarkasi Batam telah kembali ke Tanah Air

Ia menjelaskan ada dua haji kloter BTH-31 yang meninggal dunia di Arab Saudi, yaitu Salniah Japri Muslim dan Nur Secha Sanusi.

Nurhidayati menyampaikan jamaah kloter 31 yang berangkat ke Arab Saudi berasal dari Kabupaten Ketapang, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Kubu Raya, Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Karimun, dan Kabupaten Bintan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, saat waktu kepulangan ke Tanah Air, ada tiga orang haji mutasi masuk untuk pulang bersama kloter BTH-31.

Sebelumnya, PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam memprioritaskan penyambutan jamaah haji lansia setibanya di Tanah Air.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam Edi Batara mengatakan jamaah haji lansia diarahkan untuk langsung beristirahat di kamar masing-masing saat tiba di Asrama Haji Debarkasi Batam.

Baca juga: PPIH: Haji Debarkasi Batam meninggal dunia bertambah menjadi 43 orang

Baca juga: Penyambutan haji lansia diprioritaskan di PPIH Debarkasi Batam


Ia menambahkan hal serupa juga ditujukan bagi jamaah yang merasa kelelahan saat menjalani perjalanan yang cukup panjang tersebut. "Jadi, proses penyambutan, bagi jamaah yang kurang fit dan lansia, langsung masuk kamar. Bagi lansia pun tidak dianjurkan mengikuti proses seremonial penyambutan jamaah haji di aula," kata Edi.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023