Bandung (ANTARA) -
DPRD Jawa Barat mengusulkan nama Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin bersama dengan Direktorat Jenderal Perundangan Kemenkumham Asep Mulyana dan Guru Besar Universitas Padjadjaran Bandung Keri Lestari sebagai calon penjabat gubernur.

Tiga nama itu diusulkan untuk menggantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang masa jabatannya akan berakhir pada 5 September 2023.

"Usulan dari hasil beberapa fraksi, dengan berbagai pertimbangan, maka terpilihlah tiga nama, yakni Asep Mulyana, Keri Lestari, dan Bey Triadi (Machmudin)," kata Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Achmad Ru'yat di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Baca juga: Istana: Pelayanan bagi Presiden tak berubah meski Heru Pj Gubernur DKI

DPRD Jawa Barat, Rabu, menggelar rapat penentuan nama calon penjabat gubernur Jawa Barat. Menurut Achmad, masing-masing fraksi telah mengajukan nama sesuai amanat.

Sehingga, tambahnya, kini tinggal menunggu usulan tiga nama lain dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelum ditentukan oleh Presiden Joko Widodo siapa yang akan menjadi penjabat gubernur Jawa Barat.

Achmad Ru'yat pun memastikan akan segera melayangkan surat kepada Kemendagri untuk ditindaklanjuti.

Dia berharap siapa pun yang ditunjuk menjadi penjabat gubernur dapat menjalankan peran dan fungsinya secara maksimal.

"Kami berharap sampai nanti Pilkada Jawa Barat, sosok penjabat gubernur Jabar ini dapat melaksanakan tugas dengan sebenarnya dan seoptimal mungkin," ujarnya.

Baca juga: Istana jelaskan soal pembagian sembako oleh Presiden Jokowi

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023