Jakarta (ANTARA) - Kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon resmi mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari sepak bola di usia 45 tahun pada Rabu (02/8).

Buffon mengumumkan keputusannya tersebut melalui sosial media-nya, dengan mengunggah video berdurasi satu menit yang menunjukkan cuplikan perjalanan 28 tahun kariernya sebagai pesepak bola profesional.

"Sampai di sini teman-teman," tulis Buffon di akun Twitter-nya.

"Kalian memberikan segalanya kepada saya, dan saya memberikan kalian segalanya. Kita melakukan segalanya bersama," tutup pernyataan resmi Buffon tersebut.

Dianggap sebagai salah satu penjaga gawang terhebat sepanjang masa, Buffon mengakhiri kariernya di klub profesional pertamanya yaitu Parma.

Baca juga: Gianluigi Buffon akan umumkan pensiun dalam waktu dekat

Buffon bergabung dengan Juve dari Parma pada 2001 dan menghabiskan sebagian besar kariernya bersama klub asal Turin tersebut, dia sempat bermain satu musim di Paris Saint-Germain pada 2018-19 sebelum kembali ke Juventus dan kemudian ke Parma pada Juni 2021.

Kontraknya bersama Parma akan habis akhir musim depan, tetapi Buffon lebih memutuskan pensiun setelah dua musim membela klub Serie B tersebut.

Musim 2022/2023 menjadi musim terakhir Buffon di dunia sepak bola. Di musim itu, dia juga sudah tidak menjadi kiper utama Parma. Dia total bermain sebanyak 19 kali bersama Parma, di mana dia mencatatkan lima clean sheet.

Sementara itu, Juventus juga memberikan salam perpisahan kepada mantan kaptennya tersebut melalui akun Twitter mereka.

"Seorang legenda menggantung sarung tangannya hari ini. Penyelamatan Anda, senyum Anda dan karakter Anda akan terus dikenang," tulis Juventus.

"Terima kasih, dan selamat atas perjalanan karier yang luar biasa @gianluigibuffon. Selamanya jadi bagian dari kisah kami. Terima kasih, Gigi."

Baca juga: Sarri minta saran Buffon terkait target transfer Lazio
Baca juga: Perpanjang kontrak di Parma, Buffon terus bermain sampai usia 46 tahun

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023